Napi Lapas Pancurbatu Positif Covid-19

oleh -104 views
ILUSTRASI

POSMETROMEDAN.com – Seorang napi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pancurbatu dinyatakan positif covid-19. Ini dibenarkan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Pancurbatu, Haposan Silalahi.

“Iya benar, ada terdapat satu orang warga binaan kami yang terpapar Covid-19 dan sudah dirawat di Rumah Sakit Royal Prima,” ujarnya, Selasa (27/10/2020).

Dirinya mengatakan, narapidana tersebut memang memiliki penyakit bawaan, dan diduga terkonfirmasi saat sedang berobat.

“Awalnya kan dia ini berobat, turun berok (hernia), di rumah sakit Bandung seminggu. Setelah seminggu di swab ternyata hasilnya positif, sehingga dipindahkan di Rumah Sakit Royal Prima Marelan,” ujarnya.

Sebagai upaya menanggulangi Covid-19, Lapas Pancurbatu rutin melakukan penyemprotan dan pemeriksaan terhadap warga binaan.

Dijelaskannya, minimal dua kali dalam seminggu, kamar hunian wajib di semprot disenfektan, dan satu kali seminggu, seluruh WBP wajib di tes suhu tubuh.

Selain itu, terdapat 38 narapidana lain yang terkonfirmasi Covid-19. Napi-napi tersebut akumulasi dari seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan negara (Rutan).

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Puo Harinto mengungkapkan terdapat dua narapidana dari Rutan Labuhandeli, dan saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit Royal Prima.(*)