Harimau Terlihat di Tahura, Jalur Pendakian Ditutup

oleh -93 views

POSMETROMEDAN.com – Jalur pendakian antara Gunung Sibayak dan Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan Kabupaten Karo, ditutup mulai besok. Itu karena belakangan terlihat seekor harimau di lokasi tersebut.

Pemberitahuan ini tertuang dalam surat yang dikeluarkan UPT Tahura Bukit Barisan bernomor 522/690/TAHURA/BB/10/2020. Surat tersebut ditandatangani Kepala UPT, Ramlan Barus.

“Untuk menghindari terjadinya konflik antara manusia dan Harimau Sumatera, maka objek wisata pendakian gunung Sibayak Ditutup sementara untuk umum terhitung mulai tanggal 16 Oktober 2020,” demikian isi surat pemberitahuan itu seperti dilansir dari detikcom.

BACA JUGA..  DPRD Deli Serdang Setujui Nota Kesepakatan KUA-PPAS Tahun 2021

Di dalam surat, tertulis penutupan ini karena keberadaan harimau beberapa kali terlihat oleh warga dan pengunjung objek wisata. Penutupan ini akan dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Terkait keberadaan harimau, Asido mengatakan lokasi wisata ini memang habitatnya. Harimau, baru pertama kali terlihat di lokasi wisata ini.

“Karena hutan sebagai tempatnya, dan habitatnya ada di tempat tersebut sebagai lintasan. Yang ketemu baru ini yang terpublikasikan,” jelas Asido.

BACA JUGA..  HUT Ke-56 Partai Golkar Meriah, H Salim Fakhri Jabat Ketua DPD II Agara Periode 2020-2025

Sebelumnya, Asido mengatakan harimau ini terlihat selama rentang waktu satu bulan di lokasi itu. Harimau ini terlihat di jalan dekat pos registrasi Gunung Sibayak.

Asido mengatakan, pihaknya meningkatkan patroli karena adanya peristiwa ini. Selain itu, dilakukan pemasangan CCTV dan perangkap untuk menangkap harimau ini.

“Kita juga sudah bekerja sama dengan BBKSDA dan WCS. Dan sudah pasang camera trap guna pastikan keberadaan satwa tersebut. Dan juga ke depan kita akan melakukan penghalauan dan pemasangan perangkap buat merelokasi satwa tersebut,” kata Asido, Rabu (14/10).(dtc)

BACA JUGA..  HUT Ke-56 Partai Golkar Meriah, H Salim Fakhri Jabat Ketua DPD II Agara Periode 2020-2025