HUT NAGAN RAYA

Perkuat SDM, Disporabudpar Deliserdang Latihan Tata Kelola Destinasi Wisata

oleh -82 views

posmetromedan.com – Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melalui Dinas Kepemudaan Olah raga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Deli Serdang menggelar pelatihan tata kelola destinasi pariwisata tahun 2020, di Horison Hotel Sky Kualanamu, Selasa (1/9) Pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kadis Disporabudpar Deli Serdang H Khoirum Rizal ST, Kadis tenaga kerja Kabupaten Deli serdang Binsar Sitanggang, Kadis Perindag Ir Ramlan Refis, Narasumber Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPWI) Sumut Rahmat, serta para peserta kegiatan.

Pelatihan yang dibuka oleh Wakil Bupati Deli Serdang, HMA Yusuf Siregar ini bertujuan untuk meningkatan kualitas tata kelola destinasi pariwisata dan kapasitas masyarakat pelaku usaha bidang kepariwisatan di Kabupaten Deli Serdang.

Wabup juga mengatakan program pelatihan ini untuk peningkatan kapasitas SDM sektor pariwisata yang ditandai dengan penyematan tanda peserta. Dalam sambutannya Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menyampaikan bahwa pariwisata merupakan salah satu sarana paling menarik bagi wisatawan ketika berkunjung ke suatu daerah. Semakin menarik dan terkenal obyek wisata yang dimiliki oleh suatu daerah maka semakin banyak pula wisatawan yang datang berkunjung.

BACA JUGA..  Stop Pengguna Jalan, Sat Intelkam bagi Masker

“Begitu jugalah halnya dengan Pariwisata yang ada di Kabupaten Deli Serdang, yang ingin kita kelola, kembangkan dan kita promosikan, agar semakin dikenal oleh masyarakat sebagai daerah tujuan wisata, yang tentunya membutuhkan para pelaku wisata yang memiliki pemahaman, pengetahuan serta keterampilan dalam hal mengelola, memperkenalkan serta mempromosikan.” Ujarnya.

Diakhir sambutannya, Bupati Deli Serdang menyampaikan pesan serta harapannya demi terwujudnya destinasi wisata yang lebih baik di Kabupaten Deli Serdang. “Sudah saatnya kita harus merubah image, bahwa Deli Serdang itu dikaruniai Tuhan dengan kekayaan dan keindahan alam, contohnya: panorama yang indah dan kesejukan udara di kecamatan Sibolangit yang telah ditetapkan sebagai “puncak pass” Sumatera Utara, kita juga memiliki potensi wisata bahari, keanekaragaman budaya dan hayati, yang apabila dikelola dengan baik dan benar, niscaya Deli Serdang akan menjadi daerah tujuan wisata yang dikunjungi oleh para wisatawan , bukan hanya lokal, akan tetapi nasional bahkan mancanegara.” Tambahnya.

BACA JUGA..  Akhyar Nasution Tegaskan Eks TBSU Tetap Jadi Tempat Pengembangan Kesenian & Kebudayaan

Menurut laporan Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang Khoirum Rijal ST, peserta pelatihan kegiatan ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari pengelola dan juga anggota kelompok sadar wisata yang ada di Kabupaten Deli Serdang. Pelatihan yang akan berlangsung selama 3 hari  pada tanggal  01 s/d 03 September 2020 ini akan dilaksanakan di Hotel Horison Sky Kualanamu dan Praktik lapangan di Desa Denai Lama Kec.Pantai Labu dan Desa Pematang Johar Kec. Labuhan Deli.

BACA JUGA..  Disparbud Langkat Temu Ramah Bersama Pelaku Wisata

Selanjutnya, tujuan kegiatan menurut laporan tersebut adalah memahami diversifikasi produk dan dasar kepariwisataan, mengetahui dan memahami pelayanan prima, memahami kompetensi di bidang masing-masing, serta mampu mengimplementasikan kompetensinya untuk meningkatkan kinerja di bidangnya masing–masing. Selain itu, Khoirum Rijal ST juga mengatakan, pendampingan akan terus dilakukan selama pelatihan berlangsung sampai nantinya tercetak paket-paket wisata masing-masing unggulan di tiap objek wisata dimana pengelolanya ikut dalam kegiatan pelatihan tata kelola destinasi pariwisata Deli Serdang tahun 2020 ini. (drt)