HUT NAGAN RAYA

Polres Tanjungbalai Gagalkan Penyelundupan 6 Kg Sabu

oleh -140 views
GAGALKAN PENYELUNDUPAN SABU : Wakil Kapolres Tanjungbalai Kompol H Jumanto SH, MH didampingi Kasat Narkoba AKP Zulfikar, KBO Satres Narkoba Iptu L Hutapea dan personil Satres Narkoba saat konferensi pers di Lobi Polres atas keberhasilan menggagalkan peredaran Sabu-Sabu 6 Kg, Jumat (28/8) pukul 14.30 Wib. (Ignatius Siagian)

POSMETROMEDAN.COM – Bergerak cepat dan tidak diketahui banyak pihak, tim Satres Narkoba Polres Tanjungbalai menggagalkan peredaran Narkotika dan berhasil mengamankan 6 Kg Sabu.

Tanggal 25 Agustus 2020 lalu, selain mengamankan narkoba, seorang kurir atau biasa disebut tukang gendong beserta sat unit kapal, juga turut diamankan ke Mapolres. Sementara seorang lagi temannya maih dalam pengejaran polisi.

Hal itu dijelaskan Kapolres AKBP Putu Yudha Prawira SIK, MH melalui Wakil Kapolres, Kompol H Jumanto SH, MH dalam konferensi pers di Lobi Polres Tanjungbalai, Jumat (28/8) pukul 14.30 Wib.

Menurut Wakil Kapolres, tersangka pemilik 6 Kg Sabu tersebut atas nama Syahril Ritonga alias Adek (50), warga Jalan Sei Citarum, Lingkungan VI, Kelurahan Sumber Sari, Kecamatan Sei Tualang Raso, Kota Tanjungbalai.

Sementara kapal yang turut diamankan adalah jenis kapal kayu tanpa merek atau identitas kapal. Dijelaskannya lagi, kapal tersebut diamankan saat sandar (tambat) di pinggiran Sungai Citarum, Lingk.VI, Kel.Sumber Sari, Kec.Sei Tualang Raso, Kota Tanjungbalai.

BACA JUGA..  Pamit, Akhyar Nasution Ajak ASN Netral & Dorong Masyarakat Memilih

“Keberhasilan dari Satres Narkoba l mengungkapan kasus penyeludupan Sabu 6 kilogram ini, adalah berkat informasi dari masyarakat. Pada hari Selasa tanggal 25 Agustus 2020 sekira pukul 16.45 Wib, Satres Narkoba mendapat informasi dari masyarakat mengatakan, bahwa ada sebuah kapal/boat kayu yang sedang bersandar di Jalan Citarum, Kelurahan Sumber Sari, Kecamatan Sei Tualang Raso, Kota Tanjungbalai membawa Narkotika,” Ujar Kompol H Jumanto.

Masih Kompol H Jumanto, katanya, S elanjutnya personil langsung bergerak mendatangi lokasi dimaksud. Di lokasi, petugas menemukan di dalam kapal tersebut seorang laki-laki yang kemudian diketahui bernama Syahril Ritonga alias Adek.

Kepada petugas, Syahril Ritonga juga mengaku sebagai pemilik dari boat/kapal kayu tersebut, akan tetapi, Nahkoda/Tekong dari boat/kapal adalah temannya yang berhasil melarikan diri.

BACA JUGA..  Oknum Anggota TNI Diduga Terlibat Membunuh Asiong di Jurang Berastagi

Saat petugas melakukan pemeriksaan, ditemukan di dalam boat/kapal satu kotak fiber berwarna biru yang berisi ikan basah dan es batu. Akan tetapi, dibagian bawah dari ikan dan es batu itu terdapat 2 potong ban dalam mobil yang ujungnya diikat.

Setelah kedua potong ban dalam mobil tersebut dibuka, ternyata setiap potongan ban dalam mobil itu berisi 3 (tiga) bungkus kemasan teh hijau merek Guan Yin Wang berisi Sabu dengan total berjumlah 6 bungkus. Kepada polisi, Syahril Ritonga alias Adek mengaku barang haram itu adalah miliknya.

“Menurut tersangka, narkotika jenis sabu-sabu tersebut mereka jemput dari tengah laut, yakni di perbatasan Laut Selat Malaka dengan Laut Malaysia. Tersangka dijanjikan upah sebesar Rp20 juta. Akan tetapi, yang mengetahui asal usul dari barang haram tersebut adalah nahkoda/tekong kapal yang masih melarikan diri,” ujar Kompol H Jumanto SH, MH.

BACA JUGA..  Komisi III DPRD Medan Rekomendasikan Penerbitan Perwal di PD RPH

Guna pemeriksaan lebih lanjut serta mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka dan barang bukti dibawa ke Polres Tanjungbalai. Barang bukti yang dibawa ke Mapolres, selain Sabu 6 Kg juga aldibawa 2 potongan karet ban dalam bekas, 1 unit boat/kapal kayu tanpa nama dan 1 kotak fiber ikan berwarna biru.

“Atas perbuatannya itu, tersangka akan dipersangkakan melanggar Pasal 113 ayat (2) Subsider Pasal 115 ayat (1) Subsider Pasal 114 ayat (2) Subsider Pasal 112 ayat (2) dari UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya paling singkat 6 tahun hingga 20 tahun atau maksimal seumur hidup atau hukuman mati,” tutup Wakil Kapolres Tanjungbalai, Kompol H Jumanto,SH,MH didampingi oleh Kasat Narkoba, AKP Zulfikar, KBO Satres Narkoba, Iptu L Hutapea dan personil Satres Narkoba Polres Tanjungbalai. (ign)