Bus Rombongan Pesta Terseret Longsor di Samosir, 1 Tewas

oleh
Kondisi bus rombongan pesta pasca terseret longsor di Samosir hingga menyebabkan seorang penumpang wanita meninggal dunia. (sumber: warga di lokasi kejadian)

Posmetromedan.com – Bencana longsor di Desa Janji Raja, Kecamatan Sitiotio, Samosir, pada Kamis (9/5/2024) sekira pukul 22.00 WIB lalu menyebabkan sebuah bus terseret material longsor.

Akibat kejadian itu, seorang penumpang bernama Ida Simanjuntak (50), warga Lumbanraja Holbung, Kecamatan Sitiotio, Samosir tewas tertimbun lumpur. Korban dan penumpang bus lainnya merupakan rombongan pesta.

BACA JUGA..  Wanita 53 Tahun Dibakar di Jalan RS Haji Medan

Kepala Desa Janji Raja, Faber Sitinjak, menjelaskan sebelum bencana longsor, curah hujan tinggi dan kebetulan bus rombangan pesta melintas dari tempat kejadian. Tiba-tiba longsor menerjang dari arah perbukitan dan menyeret bus tersebut hingga menutupi semua badan jalan.

Faber menjelaskan sopir masih sempat menurunkan seluruh penumpang untuk menyelamatkan diri dari tumpukan lumpur bercampur bebatuan itu.

BACA JUGA..  PPK Terpilih Wajib Setor Uang ke Oknum KPU Langkat

“Akan tetapi, korban Ida Simanjuntak tidak mampu mengelak dari terjangan lumpur setinggi 5 meter itu, dan akhirnya korban tewas di TKP tertimbun material longsor,” terang Faber.

Timbunan lumpur longsor mencapai 5 meter menutup jalan Janji Raja dan Desa Holbung, Kecamatan Sitio dan sejumlah peralatan alat berat masih berupaya membongkar bongkahan material longsor.

BACA JUGA..  Peran Pengusaha & Pemuda Bangun Demokrasi Didiskusikan HIPMI Langkat

Atas musibah tersebut, Bupati Samosir, Vandiko Gultom menyampaikan turut berdukacita kepada keluarga korban. Ia sampaikan, upaya pembersihan lumpur telah dioptimalkan.

“Alat berat seperti becoloder sudah ada ditempat kejadian. Alat berat exsevator juga cepat datang untuk mengangkat seluruh material lumpur,” katanya. (*)

Reporter: DS
Editor: Hiras Situmeang