Pj Bupati Langkat Akan Tindak Tegas ASN Indispliner 

oleh
Penjabat Bupati Langkat, HM Faisal Hasrimy. (Agung/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Kepala bidang (Kabid) SD Dinas Pendidikan Langkat berinisial MR diduga dirazia Polres Binjai saat dugem di Diskotik Blue Star. Terkait hal itu, Penjabat (Pj) Bupati HM Faisal Hasrimy berjanji akan menindak tegas ASN yang indispliner.

Hal itu ditegaskan Pj Bupati atas maraknya pemberitaan media perihal ulah Kabid SD berinisial MR menjadi salah satu dari puluhan pengunjung Blue Star yang razia Polres Binjai pada Selasa (2/4/2024) pukul 00.30 WIB.

Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy, meminta Kepala BKD segera menyurati Polres Binjai perihal status yang bersangkutan. Tindak tegas oknum yang bersangkutan sesuai Peraturan yang berlaku, katanya.

“Saya juga sudah memerintahkan kepada Inspektorat, BKD dan Dinas Pendidikan agar sesegera mungkin membentuk tim untuk memeriksa salah satu oknum ASN yang telah mencoreng citra pemerintah Kabupaten Langkat inu,” tegas Faisal.

Terpisah Kepala BKD Langkat Eka Syahputra Depari, S.STP, MAP saat diwawancarai, menyampaikan bahwasanya yang bersangkutan apabila terbukti benar, maka yang bersangkutan telah melanggar Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2021 Pasal 3 (f), dimana PNS wajib menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap, perilaku, ucapan dan tindakan kepada setiap orang, baik dalam maupun diluar kedinasan.

BACA JUGA..  Bus Rosalia Indah Masuk Parit Samping Tol Batang-Semarang, 7 Meninggal Dunia

“Kami akan membentuk tim pemeriksa bersama dengan Inspektorat dan Disdik. Kita tunggu hasil pemeriksaan, sehingga kita bisa menetapkan hukuman disiplin apa yg pantas di jatuhkan kepada yang bersangkutan sesuai tingkat kesalahan yg dilanggar,” tegas Kepala BKD.

Sementara pemberitaan sosok MR telah dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan Langkat, Saiful Abdi. Padahal, dini hari tadi Kadis Pendidikan ini sempat tidak memberi respon atas peryataan wartawan perihal kelakuan bawahannya tersebut.

“Berita yang beredar itu benar, dia memang Kabid Pembinaan SD di Dinas kita, tetapi sampai sekarang kami belum menerima laporan tertulis secara resmi dari Polres Binjai,” kata Saiful Abdi pada Rabu pagi (3/4/2024).

Diduga Kepala bidang (Kabid) SD Dinas Pendidikan Langkat, bernisial MR (diberi tanda panah) berpakaian kaos merah maroon celana pendek biru, bersama puluhan pengunjung lain di Diskotik Blue Star yang dirazia Polres Binjai. (Ist/Posmetromedan.com)

Diberitakan sebelumnya, oknum Kepala bidang (Kabid) SD Dinas Pendidikan Langkat berinisial MR diduga terjaring razia di Diskotek Blue Star di Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Selasa (2/4/2024) dini hari.

BACA JUGA..  Dukun Panjaitan Grepe-grepe 'Anu' Remaja 16 Tahun

Razia yang dilaksanakan Polres Binjai, Polda Sumatera Utara itu berhasil mengamankan puluhan pengunjung beserta berbagai jenis barang milik pengunjung seperti senjata api (pistol) dan lainnya.

Diketahui, Diskotik Blue Star ini tetap beroperasi selama bulan suci ramadan. Padahal sudah ada larangan dan himbauan dari pemerintah agar sementara tidak beroperasi.

Pantauan wartawan saat razia berlangsung, bersama 73 orang lainnya, MR yang sedang asik triping di Diskotek Blue Star di Desa Emplasmen, Sei Bingai, Langkat, diboyong aparat kepolisian ke Mapolres Binjai. Dari sana, satu pucuk senjata api merek Makarov pabrikan Rusia turut diamankan.

Razia itu sendiri, dipimpin langsung Kapolres Binjai AKBP Rio Alexander Panlewen. Di mana, sebelum melakukan razia, Rio menggelar apel sekira jam 00.30 WIB, dan memberikan arahan kepada seluruh personel yang akan diterjunkan ke lokasi.

Kasi Humas Polres Binjai Iptu Riswansyah menerangkan, razia tersebut dilaksanakan untuk menjaga kamtibmas selama bulan Suci Ramadhan. “Razia itu juga untuk menindaklanjuti arahan dari Kapolda Sumut,” beber Riswansyah.

BACA JUGA..  Mudik Maut di Tol Jakarta - Cikampek 7 Pria, 5 Perempuan Tewas

Polres Binjai juga memboyong 8 unit mobil pribadi, 8 sepeda motor ke markas guna dijadikan barang bukti. Selain itu, turut diamankan 2 HP android, sepucuk senjata api merek Makarov beserta 1 butir peluru tajam, uang Rp 645 ribu dan tiga pecahan pil ekstasi.

Dari 74 orang yang terjaring razia, 34 orang diantaranya positif mengkonsumsi narkotika. “Hasil razia diamankan 74 orang. Diantaranya 47 pria dan 27 wanita. Setelah diamankan, dilakukan tes urin dengan hasil positif narkoba, 24 pria dan 10 wanita,” tutur Riswansyah.

Dari video yang dirilis Polres Binjai, terlihat jelas MR mengenakan baju kaos warna merah maroon dan celana jeans pendek warna biru dongker (foto diberi tanda panah) saat hendak diboyong ke Mapolres Binjai dan diduga juga MR sering ke tempat hiburan malam. (*)

Reporter: Agung
Editor: Maranatha Tobing