Avanza Masuk Jurang, 1 Polisi Tewas 4 Luka

oleh
Kondisi mobil Toyota Avanza BK 1146 ZJ yang digunakan Aiptu M. Sianturi beserta keluarganya saat pulang liburan dari Sidebuk-debuk. (Ist/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Mobil Toyota Avanza BK 1146 ZJ masuk jurang di Jalan Alternatif Langkat-Karo, Dusun Pamah Semelir, Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingai. Seorang polisi tewas, sedangkan 4 penumpang lainnya luka-luka.

Korban tewas yakni Aiptu Manaek Sianturi (52), personel Polsek Belawan warga Kota Medan. M Sianturi mengalami luka di bagian kepala dan meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP). Sedangkan korban luka-luka adalah AP Sianturi (20), D br Simanjuntak (47), I br Sianturi (18) dan S br Sihotang (19).

Kasat Lantas Polres Binjai, AKP Agus Ita Lestari Ginting menjelaskan, mobil mengalami kecelakaan mealju dari arah Kabupaten Tanah Karo menuju Binjai, Minggu (14/4/2024) dinihari sekira pukul 02.00 WIB.

BACA JUGA..  Lempari Rumah Warga, Dua Gemot Ditangkap Polsek Firdaus

“Mobil dikemudikan AP Sianturi yang membawa empat penumpang. Sesampainya di tikungan salak Pamah Semelir, mobil mengalami slip out control hingga masuk ke jurang,” ujar Ita, Senin (15/4/2024).

Lanjut Ita, mobil mengalami hilang kendali hingga terjun ke jurang dan terbalik di ruas jalan yang membelah bukit tersebut. “Kendaraan yang mengalami kecelakaan dibawa ke Kantor Unit Gakkum Satlantas Polres Binjai,” ujar Ita.

Dia memberikan imbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati saat berkendara atau melintas di Jalur Alternatif Langkat-Karo tersebut.

BACA JUGA..  Kasus Pria Tewas Kaki Terikat di Percut, Kini Polisi Buru 3 Pelaku

“Kepada seluruh pengendara pengguna jalur alternatif dari Tanah Karo menuju Langkat dihimbau lebih berhati-hati, sebab banyak terdapat tikungan tajam. Untuk itu, kami imbau kepada pengendara mengurangi kecepatan di setiap tikungan,” ujar Ita.

Ita juga mengingatkan kepada pengendara yang melintas di jalur alternatif tersebut agar tidak melewatinya pada malam hari. “Kami imbau pada malam hari agar menghindari jalan alternatif tersebut dikarenakan masih minimnya penerangan,” tutup Ita.

Terpisah, Kapolres Belawan AKBP Janton Silaban mengatakan, Aiptu Manaek Sianturi bertugas di Polsek Belawan. Ia menjelaskan jenazah Aiptu Manaek akan dikebumikan pada Kamis (18/4/2024) mendatang di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba.

BACA JUGA..  Polres Belawan Amankan 7 Pria Nongkrong di Pinggir Jalan, 6 Positif Narkoba

“Iya benar, yang meninggal dunia ialah personel Polsek Belawan. Kabarnya dia awalnya beriwisata bersama keluarga ke Sidebuk-debuk di Karo,” katanya.

Namun, dalam perjalanan pulang, jalan yang dilalui diselimuti kabut tebal hingga terjadi kecelakaan tersebut. “Tentunya kami turut berduka atas apa yang dialami Aiptu Manaek,” pungkasnya. (*)

Reporter: Oki Budiman/Agung
Editor: Maranatha Tobing