PERUMAHAN WEB

Utamakan #cari_aman, Lakukan Ini Jika Pelek Motor Bengkok

oleh
Salah satu jenis sepeda motor matic Honda. (Indako for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Untuk mendapatkan motor yang prima, sudah pasti harus didukung kondisi setiap komponen yang prima pula. Salah satunya pelek atau velg yang merupakan salah satu komponen penting pada motor wajib mendapatkan perhatian dari pemiliknya.

Pelek atau velg motor merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat untuk memasangkan ban. Komponen pelek sangat diperlukan, karena tidak hanya sebagai bagian dari roda yang berfungsi untuk menerima berat dan semua beban (gaya) yang ditimbulkan oleh kondisi jalan, namun juga menjaga kestabilan motor.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa  komponen pelek motor memegang peranan penting bagi keselamatan pengendara motor. Pelek yang sehat dan tidak memiliki cacat dapat mendukung kelancaran berkendara. Namun perlu dipahami, pelek motor juga rawan mengalami kerusakan jika menerima beban dan tekanan besar.

BACA JUGA..  Juaranya Promo, Honda Ajak Pecintanya Rawat Motor Kesayangan

Menurut Erwin, pelek bisa rusak bukan semata karena kecelakaan, tetapi bisa juga karena benturan yang cukup keras atau menghajar lubang jalan dengan kecepatan tinggi bisa langsung merusak pelek motor. Baik itu pelek depan atau belakang. Tingkat kerusakan akibat benturan juga bisa sangat bervariasi tergantung dari jenis peleknya.

Umumnya, pelek yang ada pada sepeda motor terbaru khususnya motor matik telah menggunakan pelek berjenis Cast Wheel yang tidak akan patah, tapi bisa memar dan penyok akibat benturan. Tergantung seberapa besar benturan yang diterima. Berbeda dengan pelek jari-jari alias spoke wheel yang umum dijumpai pada motor bebek yang jauh lebih rigid. Ketika menerima tekanan atau benturan, pelek cast wheel tidak patah, namun mengalami bengkok.

BACA JUGA..  Mabar Varian PCX Hadirkan Kebanggaan Berkendara Bersama Matik Berkelas

Erwin juga menambahkan, bahwa kebengkokan pelek tidak bisa disepelekan karena  pertama, seal penahan angin ban sudah rusak dan ban tubeless tidak bisa digunakan lagi. Kedua, pelek bengkok juga berpotensi merusak bearing motor.

“Untuk memastikan kualitas dan kemanan, maka sebaiknya pelek yang bonyok diganti dengan yang baru dengan mempercayakan penanganan terbaik pada ahlinya di bengkel resmi AHASS . Selain ditangani langsung oleh mekanik handal, pengguna motor Honda juga akan mendapatkan berbagai penawaran layanan servis dari Honda,“ ujar Erwin Chandra. (*)

BACA JUGA..  Service Advisor Gathering Jadi Cara Honda Hadirkan Layanan Berkualitas

Reporter: Budi Hariadi
Editor: Maranatha Tobing