PERUMAHAN WEB

Honda Dukung Kompetensi Garda Terdepan Pendidikan Vokasi Sumut

oleh
PT Indako Trading Coy kembali menunjukkan aksi nyata melalui program bertajuk “Sertifikasi Guru Level Bronze” kepada sejumlah guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Binaan AHM kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda yang berstatus grade A. (Indako for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Memperkuat komitmen Sinergi Nagi Nageri dalam mendukung kualitas pendidikan vokasi di wilayah Sumatera Utara, PT Indako Trading Coy kembali menunjukkan aksi nyata melalui program bertajuk “Sertifikasi Guru Level Bronze” kepada sejumlah guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Binaan AHM kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda yang berstatus grade A.

Diikuti 5 guru SMK terpilih, uji Kompetensi yang berlangsung di Indako Development Center (IDC) Jl. Adam Malik Medan pada Jum’at, 8 Maret 2024 ini menguji kemampuan dari Tumbur Simanjuntak yang berasal dan Antonius Sihotang yang berasal dari SMKN 1 Balige, Roy Lamrun yang berasal dari SMKN 1 Seri Rampah, dan Wahyu Ramadhan yang berasal dari SMKS Muhammadiyah 10 Kisaran.

Di bawah bimbingan para instruktur terlatih Honda, kelima guru SMK Mitra Binaan AHM ini menjalani uji kompetensi yang memfokuskan pada  pada 5 kategori penilaian, diantaranya materi general (Identifikasi alat Ukur), engine, electrical, fuel system ( PGM-FI ) & chasis. Di mana materi yang diujikan meliputi pemeriksaan, penyetelan dan penggantian drive chain dan sprocket, pemeriksaan, penyetelan, dan penggantian kampas rem, pemeriksaan dan pengukuran baterai, dan dasar sistem kelistrikan.

Para guru juga dituntut untuk menguasai penyetelan dan penggantian sistem kopling otomatis dan manual, konfigurasi katup sepeda motor jenis SOHC, pemeriksaan dan penggantian V-Matic systems, pemeriksaan tekanan kompresi silinder, pengukuran tekanan bahan bakar, dan pembacaan MIL, reset ECM, reset TP serta inisialisasi ECM.

Tumbur Simanjuntak, salah satu Guru yang berasal dari SMKN 1 Balige mengungkapkan, sebagai tenaga pengajar di SMK, tentunya sangat bersyukur dapat terpilih mengikuti aktivitas sertifikasi dari Honda yang sangat bermanfaat menambah wawasan dan pengetahuan tentang cara mengajar yang efektif dalam menyampaikan materi khsususnya pada para pelajar jurusan otomotif guna melahirkan generasi terbaik bangsa.

Feri Panji, Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, sangat mengapresiasi semangat yang ditunjukkan kelima guru SMK Mitra Binaan AHM sepanjang mengikuti sertifikasi Level Bronze kali ini. Menurutnya, semangat ini menjadi hal yang positif dalam memperkuat kompetensi para guru sebagai garda terdepan pendidikan  dalam melahirkan lulusan SMK Sumatera Utara yang kreatif dan kompetitif.

Sementara itu Leo Wijaya, Vice Presdir PT Indako Trading Coy dengan semangat Satu Hati mengungkapkan, bahwa perkembangan teknologi sepeda motor yang pesat perlu diimbangi dengan kecepatan pengembangan kompetensi di dunia pendidikan maupun industri. Menurutnya program sertifikasi guru SMK menjadi salah satu peruwujudkan semangat sinergi bagi negeri Honda dalam upaya memperkuat kompetensi para tenaga ajar dalam pendidikan vokasi di Sumatera Utara. (*)

Reporter: Budi Hariadi
Editor: Maranatha Tobing