Dinas Kominfo Sumut Gelar Forum Perangkat Daerah 

oleh
Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Achmad Yazid Matondang membuka Forum Perangkat Daerah dengan OPD Provinsi Sumut dan Dinas Kominfo Kabupaten / Kota se- Sumatera Utara. (Kominfo for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar Forum Perangkat Daerah di Hotel Sibayak Berastagi, Kamis (29/2). Forum ini diselenggarakan  untuk menyelaraskan program kerja bersama Pemerintah Kabupaten/Kota dan Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

“Forum Perangkat Daerah ini kita laksanakan untuk optimalisasi pencapaian sasaran dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah di tahun 2025 mendatang,” ujar Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Kominfo Sumut Ahmad Yazid Matondang.

BACA JUGA..  PMI Langkat Bakti Sosial Kemanusiaan di Yonif 8 Marinir Harimau Putih 

Hadir di kesempatan itu, perwakilan Biro Perencanaan Kementerian Kominfo RI, Perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Perwakilan Bappelitbang Sumut, Perwakilan Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Sumut, dan perwakilan Perangkat Daerah lainnya.

Ilyas menjelaskan, Forum perangkat daerah merupakan amanat Permendagri nomor 54 tahun 2010, yang mengamanatkan bahwa setiap Perangkat Daerah sesuai dengan Tupoksinya masing-masing, dapat    menyinkronkan   program dan kegiatan yang telah disusun dalam rancangan rencana kerja dengan usulan dari berbagai pihak.

“Ada empat program Dinas Kominfo yang dapat disinkronkan  dengan perangkat daerah Bapak/Ibu. Yaitu program pengelolaan informasi dan komunikasi publik, pengelolaan aplikasi dan informatika, penyelenggaraan statistik sektoral dan program penyelenggaraan persandian untuk pengamanan informasi,” lanjutnya.

BACA JUGA..  Dukun Panjaitan Grepe-grepe 'Anu' Remaja 16 Tahun

Perwakilan Biro Perencanaan Kementerian Kominfo pada kesempatan itu menekankan agar perangkat daerah dapat mengarahkan kebijakan penyelanggaraan bidang Kominfo untuk mendukung transformasi digital. Utamanya untuk mewujudkan visi Indonesia emas 2045.

Dalam hal ini, Visi Indonesia Digital 2045 memberikan gambaran arah kebijakan dan sasaran bersama untuk mengoptimalkan manfaat dari perkembangan teknologi. untuk pembangunan ekonomi, sosial dan kemasyarakatan.

BACA JUGA..  Pasar Tradisional Tarutung Ludes Terbakar, Warga Panik

Selaras dengan itu, Peneliti Ahli Muda Bappelitbang Sumut Deli Yanto juga menekankan agar perencanaan program kerja bidang Kominfo tetap berpedoman pada dokumen Rencana Pembangunan Daerah 2024-2026, yang mengedepankan upaya untuk pengembangan sumber daya manusia, pembangunan ekonomi inklusif,  infrastruktur berkelanjutan dan perbaikan tata kelola pemerintahan.

“Jadi kita tidak boleh keluar dari patron itu, termasuk dalam upaya pencapaian setiap indikator kinerja utama yang telah ditetapkan sebelumnya,” ucap Deli Yanto. (*)

Reporter: Marko Sembiring
Editor: Maranatha Tobing