Grand Opening Wisata Bakul Tani Pangkalan Susu oleh Syah Afandin

oleh
Plt Bupati Langkat Syah Afandin buka Grand Opening Wisata Bakul Tani, Minggu (14/1/24) di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Pangkalan Susu. (Istimewa)

POSMETROMEDAN.com- Plt Bupati Langkat Syah Afandin buka Grand Opening Wisata Bakul Tani di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Pangkalan Susu, Minggu (14/1/24).

Ditandai pelepasan ribuan bibit ikan gurami ke danau. Bibit ikan diharapkan menjaga ekosistem air dan membuat masyarakat gemar memakan ikan.

Bagi masyarakat ingin berwisata, berikut info pemesanan melalui Instagram @wisatabakultani.

Wisata Bakul Tani buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB. Tersedia puluhan UMKM makanan tradisional setiap hari Minggu mulai pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB.

Wisata Bakul Tani Desa Tanjung Pasir ini dibangun kelompok swadaya masyarakat. Luas lokasinya 3,5 Hektar dengan danau seluas 2,5 Hektar.

BACA JUGA..  GenRe Sergai Diharap Ciptakan Sinergi Atasi Stunting

Danau ini dapat dimanfaatkan untuk wisata air dan pengembangbiakan ikan.

Kepala Desa Tanjung Pasir, Faisal Reza, menjelaskan tujuan pembangunan wisata menciptakan peluang usaha dan menambah penghasilan warga sekitar.

“Kita harapkan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tanjung Pasir,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan Grand Opening ini sampai pukul 15.00 WIB sudah menghasilkan Rp 32 juta.

“Alhamdulillah sampai dengan pukul 15.00 WIB sudah menghasilkan Rp 32 juta. Ini merupakan perputaran uang yang sangat baik. Semoga ini terus berlanjut sehingga masyarakat sekitar sini sejahtera,” harapnya.

BACA JUGA..  Launching NSI Investment Challenge 2024, Diharapkan Dorong Akselerasi Realisasi Investasi di Sumut 

Camat Pangkalan Susu, Agung Tritantyo mengatakan ide awal pembangunan Wisata Bakul Tani melihat suatu lahan yang tidak potensial.

Lalu dilakukan pengembangan lahan itu agar terpakai menjadi objek wisata.

“Nantinya untuk pengembangan, kami akan koordinasikan ke Dinas Perikanan Langkat agar lebih terarah untuk mengembangkan danau ini,” ujarnya.

Plt Bupati Langkat yakin, nantinya Wisata Bakul Tani pasti berdampak pada pertumbuhan/peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Ia juga mengabarkan akan dibangun pelabuhan dan kawasan industri di Pangkalan Susu. Dirinya pun berharap wisata ini dapat memanfaatkan moment tersebut agar menjadi Iconic Pangkalan Susu.

BACA JUGA..  Pj Bupati Langkat Sidak ke Desa Tanjung Jati, Ini Pesannya

Syah Afandin melihat penerangan di lokasi Wisata Bakul Tani masih belum memadai. Lalu diinstruksikan Dinas Perhubungan menambahkan lampu penerangan.

“Saya lihat penerangan disini masih kurang, saya sudah kordinasi dengan Dinas Perhubungan, nanti saya akan bantu 70 titik penerangan untuk lebih menarik simpati dari masyarakat untuk berwisata ke sini,” harapnya.(*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Mangampu Sormin