Sekda Tapteng Mungundurkan Diri Lalu Mengakui Kesalahannya

oleh
Sekda Tapteng, Herman Suwito saat dilantik dan mengucapkan sumpah jabatan. (ist/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Sekda Kabupaten Tapanuli Tengah, Herman Suwito mengundirkan diri dari jabatanya. Pengunduran diri ini diduga kuat terkait viralnya rekaman suara Sekda diduga mengarahkan ASN memilih Partai tertentu.

Pertemuan diduga terjadi pada tanggal 13 November 2023, dan dihadiri pimpinan OPD, camat, lurah dan kepala desa.

“Karena kita telah bersepakat sebelumnya, kita akan setia, kita akan sehidup semati, kita akan bersama. Sampai dengan saat ini, terima kasih bapak ibu sekalian, bapak ibu camat, kepala desa, lurah, para pimpinan OPD, loyal,” kata suara dalam rekaman.

“Jangan gara-gara nanti ada masuk, kita berubah, jangan. Siap ya pak,” sambung suara dalam rekaman, yang dijawab dengan kata “siap” para hadirin.

BACA JUGA..  Ratusan Pelajar dan Masyarakat Tebing Hadiri Peringatan Isra Mi'raj 1445 H

Diduga pengertian dari “ada yang masuk” adalah Pj Bupati baru, yang mana saat itu beredar isu Pj Bupati lama akan diganti.

Hal itu diperkuat dengan suara dalam rekaman yang mengaku tidak mengetahui warna yang bakal masuk.

“Sampai dengan saat ini, saya nggak tahu warnanya apa. Bakal masuk ini warna apa, saya tidak tahu. Yang pasti, saya sampaikan kepada bapak ibu sekalian, tolong ingatkan juga bapak ibu sekalian, di masing-masing OPD,” kata suara itu.

“Sumpah yang sudah kita sampaikan, yang sudah bapak ibu junjung tinggi, itu tolong dilaksanakan bapak ibu sekalian. Dan saya yakin bapak ibu sekalian adalah orang-orang terhormat, orang-orang yang loyal, apa yang kita bicarakan, apa yang kita sampaikan, untuk memenangkan ****** Tapanuli Tengah itu tetap berjalan. Jangan beredar keluar,” kata suara dalam rekaman.

BACA JUGA..  Pj Gubernur Sumut Pastikan Persiapan Berjalan Baik

Diakhir rekaman, suara yang diduga Sekda Tapteng itu juga menekankan semua yang ada dalam ruangan untuk tidak jadi penghianat dan tidak mau diobok-obok.

Pj Bupati Tapteng, Sugeng Riyanta, membenarkan pengunduran diri Herman Suwito sebagai Sekda tersebut dan yang bersangkutan mengakui telah melakukan kesalahan.

“Benar, pada hari Rabu pagi, beliau (Herman Suwito) menghadap saya, meminta maaf dan mengakui telah melakukan tindakan yang salah, sebagaimana di rekaman suara yang beredar viral itu,” kata Pj Bupati Sugeng Riyanta, kepada wartawan, Kamis (28/12/22).

BACA JUGA..  Bupati Tandatangani MoU Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

Sugeng Riyanta menjelaskan, pihaknya telah menerima surat pengunduran diri Herman Suwito pada Rabu malam.

“Setelah mengakui kesalahannya itu. Malam harinya, Herman Suwito secara resmi mengajukan surat pengunduran diri sebagai Sekda,” kata Sugeng Riyanta.

Sebagai penggantinya, Pj Bupati Sugeng Riyanta kemudian menunjuk Staf Ahli Bupati, Erman Syah Lubis sebagai Plh Sekdakab Tapteng.

“Saya akan meneruskan surat pengunduran diri Pak Sekda (Herman Suwito) ke Mendagri melalui Gubernur untuk mendapatkan SK pemberhentiannya,” terang Sugeng Riyanta.(*)

Reporter: Aris Barasa
Editor: Maranatha Tobing