PERUMAHAN WEB

Pj Wali Kota Tebingtinggi Diangkat sebagai Kerabat Kerajaan Negeri Padang Deli

oleh
Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Drs. Syarmadani, sebagai Kerabat Kerajaan Negeri Padang Deli pada kegiatan Pagelaran Budaya Melayu Anugerah Gelar Majelis Kerapatan Adat Kerajaan Negeri Padang Deli, Kamis (28/12/2023), di Gedung Hj Sawiyah Jalan Sutomo.
Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Drs. Syarmadani, sebagai Kerabat Kerajaan Negeri Padang Deli pada kegiatan Pagelaran Budaya Melayu Anugerah Gelar Majelis Kerapatan Adat Kerajaan Negeri Padang Deli, Kamis (28/12/2023), di Gedung Hj Sawiyah Jalan Sutomo.

Posmetromedan.com – Pemangku Kerajaan Negeri Padang Deli secara resmi mengangkat Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Drs. Syarmadani, sebagai Kerabat Kerajaan Negeri Padang Deli pada kegiatan Pagelaran Budaya Melayu Anugerah Gelar Majelis Kerapatan Adat Kerajaan Negeri Padang Deli, Kamis (28/12/2023), di Gedung Hj Sawiyah Jalan Sutomo.

Pj. Wali Kota Syarmadani diangkat sebagai Kerabat Kerajaan Negeri Padang oleh Pemangku Maharaja Bongsu Kerajaan Negeri Padang, Tengku Muhammad Hisyam Firmansyah. Pj. Wali Kota Syarmadani dinilai sebagai orang yang dituakan dan dihormati serta dimuliakan, berjiwa satria dan bangsawan, welas asih dalam menata suatu tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain Penjabat Wali Kota, Pj. Sekda Tebingtinggi, H. Kamlan Mursyid menerima gelar Datuk Abiaksa Negara, Asisten Pemerintahan, Bambang Sudaryono menerima gelar Datuk Kurnia Biksa Satria, Kepala BPKPD, Sri Imbang Jaya Putra menerima gelar Datuk Adi Setia Wangsa, dan pengangkatan Datuk Orang Besar Bergelar Kerajaan Negeri Padang Deli, serta Penghulu Adat.

BACA JUGA..  Sekeluarga di Simalungun Tanam Ganja di Kebun Teh

Usai diangkat sebagai Kerabat Kerajaan Negeri Padang, Pj. Wali Kota Syarmadani mengungkapkan, kegiatan Pagelaran Budaya Melayu dan Anugerah pemberian gelar adat Kerajaan Negeri Padang, merupakan wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi kita dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup tumbuh dan berkembang didalam kehidupan masyarakat Melayu.

Pj. Wali Kota menyampaikan, sebagai warga Tebing Tinggi kita patut bersyukur karena dengan kemajemukan penduduknya, membuat daerah ini menyimpan potensi budaya multi etnis yang tidak ternilai harganya, untuk membentuk karakter dan pekerti masyarakat tangguh, serta dapat menjadi penopang industri pariwisata daerah.

BACA JUGA..  DPRD & Pemkab Langkat Bahas Enam Ranperda

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Saya berterimakasih kepada Pemangku Adat Kerajaan Negeri Padang, atas pemberian gelar adat Kerajaan Negeri Padang. Ini merupakan kehormatan yang sangat tinggi, semoga dapat menambah tekad, semangat, dan bakti saya untuk Kota Tebing Tinggi,” tutup Pj. Wali Kota Syarmadani.

Sebelumnya, Ketua Panitia Datuk Mufhti Kerajaan Negeri Padang Deli, H Khuzamri Amar melaporkan, kegiatan ini menjadi agenda rutin Kerajaan Negeri Padang Deli dalam rangka melestarikan nilai-nilai adat dan budaya Kerajaan Negeri Padang.

“Kerajaan Negeri Padang sudah berbadan hukum dan juga merupakan kejuruan dari Sultan Deli, yang artinya Kerajaan Negeri Padang ini sah menurut hukum negara dan hukum adat yang berlaku dinegara Indonesia,” ungkap Datuk Khuzamri Amar.

BACA JUGA..  Puncak Perayaan HKG PKK Ke-52 Dihadiri Pj Wali Kota Tebingtinggi

Sebelumnya prosesi adat pemberian gelar dimulai dengan pembacaan Surat Ceri oleh Datuk Panglima Goraha Kerajaan Negeri Padang Deli, Abdul Khalik, dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan Anugerah Gelar Kebangsaan Negeri Padang, yang diserahkan langsung oleh Pemangku Kerajaan Negeri Padang Deli, Tengku Puan Chandra Kirana Maliana Zufrine.

Turut hadir dalam kegiatan, Raja Panei, Tuan Andi R.P Dasuha, Raja Bedagai, Tuan Ahmad, perwakilan Adat Simalungun, perwakilan unsur Forkompimda, dan OPD terkait. (*)

REPORTER: Ridwan Manurung
EDITOR: Mengampu Sormin