Tim P4GN dan PN Kecamatan Jadi Kekuatan Menuju Langkat Bersih Narkotika

oleh
Rapat pembentukan tim terpadu P4GN dan PN tingkat kecamatan se- Langkat, Rabu (15/11/23) di Gedung Pegnasos Stabat. (Istimewa)

POSMETROMEDAN.com- Pemkab Langkat gelar rapat pembentukan tim terpadu pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika (P4GN dan PN) tingkat kecamatan se-Kabupaten Langkat.

Rapat ini dibuka Staf Ahli Bidang SDM, Sosial dan Kemasyarakatan Setdakab Langkat, H Sujarno, di Gedung Pegnasos Stabat, Rabu (15/11/2023).

Tujuan rapat sebagai upaya bersama untuk pencegahan narkoba, sekaligus penyusun bersama aksi daerah P4GN dan PN guna mendeteksi potensi narkotika di 23 kecamatan di Langkat.

BACA JUGA..  PMI Langkat Bakti Sosial Kemanusiaan di Yonif 8 Marinir Harimau Putih 

Peserta rapat berjumlah 66 orang terdiri dari kecamatan 46 anggota dan 20 anggota P4GN dan PN tingkat kabupaten, berasal dari BNNK Langkat, Polres Langkat, dan beberapa OPD terkait di Pemkab Langkat.

Turut menghadirkan narasumber yaitu Kabid Ketahan Ekonomi Sosial Budaya Agama dan Ormas Kesbang Pol Sumut, Harry dan Kakan Kesbang Pol Langkat, Faisal Badawi.

Sujarno menjelaskan pelaksanaan rapat tindaklanjut dari Peraturan Kemendagri tentang pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika. Guna meningkatkannya, maka dibentuk tim P4GN dan PN di tingkat provinsi, kabupaten dan kecamatan.

BACA JUGA..  IPSI dan PSHT Beringin Kompak Berbagi kepada Kaum Duafa

“Regulasi tersebut menjadi dasar hukum untuk membentuk P4GN dan PN tingkat kecamatan, guna mendukung pemberantasan narkotika,” terangnya.

Tim P4GN dan PN nantinya bertugas menyusun rencana aksi daerah yang bersifat pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran Narkoba dan mengkoordinasikannya di kecamatan masing masing.

“Tentunya tim ini menjadi kekuatan kita bersama dalam menanggulangi narkotika karena sudah menjadi masalah kesehatan, sosial, kultur, ekonomi dan lainnya,” ucapnya.

BACA JUGA..  Dosmar Banjarnahor Dinilai Layak Dinobatkan Bapak Pembangunan Humbahas

“Saya berharap terbentuknya tim ini menjadi ujung tombak penanggulangan narkotika dan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga masyarakat terlibat mendukung dalam menuju Langkat bersih dari narkoba,” harapnya.(*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Mangampu Sormin