Bupati Sebut Lansia Berperan Penting Sebagai Panutan Hidup Keluarga & Masyarakat 

oleh
Bupati Deliserdang, H Ashari Tambunan foto bersama para lansia usai senam pagi Lansia Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas dalam Rangka Memperingati Hari Lansia ke-27 dan Hari Jadi ke-77 Kabupaten Deliserdang di Lapangan Sepakbola Desa Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Rabu (21/6/2023), pukul 08.00 WIB. (Demson Tambunan/Posmetromedancom)

POSMETROMEDAN.com – Menjadi lanjut usia (lansia) merupakan proses alamiah setiap orang. Yang terpenting adalah bagaimana mempertahankan kualitas hidup dan kesehatan dapat tetap terpelihara dengan baik.

Pesan ini disampaikan Bupati Deliserdang, H Ashari Tambunan dalam arahannya di acara Senam Pagi Lansia dan Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas dalam rangka memperingati Hari Lansia ke-27 dan Hari Jadi ke-77 Kabupaten Deliserdang di Lapangan Sepakbola Desa Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Rabu (21/6/2023), pukul 08.00 WIB.

“Lansia merupakan siklus hidup manusia yang hampir pasti dialami setiap orang. Dan setiap kali menyebut kata lansia, di pikiran kita adalah seseorang yang tidak berdaya dan memiliki banyak keluhan kesehatan. Tadi ada dua puisi dibacakan salah seorang perwakilan, yang membantah lansia adalah kaum lemah dan berguna lagi,” tegas Bupati.

Lansia, sambung Bupati, memiliki peran penting sebagai subjek untuk menjadi panutan hidup di keluarga dan masyarakat sekitar dalam mewujudkan keluarga sehat dengan memanfaatkan pengalaman yang dimiliki dan diperkaya dengan pengetahuan kesehatan yang sesuai.

“Peringatan Hari Lansia 2023 ini mengusung tema, Lansia Terawat Indonesia Bermartabat. Tema ini mengingatkan untuk senantiasa lebih memperhatikan keberadaan lansia, baik kehidupan sehari-hari, kesehatan, kesejahteraan dan kebutuhan psikologinya. Sehingga, kita bersama-sama mewujudkan Indonesia Bermartabat,” papar Bupati.

Disebutkan Bupati, dalam rangkaian Peringatan Hari Lansia ke-27 Tahun 2023, selain dilaksanakan senam bersama lansia juga akan dilaksanakan Pencanangan Kampung Keluarga Berencana Berkualitas.

BACA JUGA..  Harga Beras Belum Stabil, Pemko Tebing Gelar Pasar Murah

“Saya berharap, melalui pencangan Kampung Keluarga Berencana ini akan mampu menatapkan peran masyarakat untuk mengupayakan pemenuhan gizi seimbang bagi balita hingga keluarga berisiko stunting dengan memanfaatkan sumber pangan lokal yang dapat dipadukan dengan sumber daya atau kontribusi dari mitra lain,” tutur Bupati di acara yang dirangkai dengan Penyerahan Surat Keputusan (SK) Kampung Keluarga Berkualitas kepada Kecamatan Percut Sei Tuan, Hamparan Perak dan Sunggal; pemberian hadiah dan penghargaan pada enam pemenang Lomba Dapur Stunting (Dashat); pemenang Kelompok Lansia Aktif; Pelayanan Sejuta Akseptor; penyerahan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Penerima Bantuan Iuran (PBI); pemberian tali asih kepada peserta KB Lestari Nasional dan Lansia Tangguh Inspiratif serta tali asih kepada lansia oleh Baznas Deliserdang.

Ke depan, harap Bupati lagi, semua Kampung Keluarga Berkualitas yang terbentuk dapat mengoptimalkan kegiatan dan mengimplementasikan pembangunan kualitas sumber daya yang bebas stunting.

Pada acara yang turut dihadiri, Wakil Bupati (Wabup) Deliserdang, HM Yusuf Siregar; Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Deliserdang, Hj Yunita Ashari Tambunan; Wakil Ketua TP PKK, Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar; anggota DPRD Deliserdang, Ir Irawan MAP, H Rakhmadsyah SH dan H Ismayadi; Kacabjari Labuhan Deli, Hamonangan Sidahuruk SH MH; Sekretaris Daerah (Sekda) Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP; Ketua Dharma Wanita Persatuan, Hj Boya Timur Tumanggor; para staf ahli, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat, kepala desa dan lurah, dan lainnya itu, Bupati memberi apresiasi kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Deliserdang dan stakeholder yang telah berkomitmen dalam upaya pengentasan stunting.

BACA JUGA..  Pj Gubernur Sumut Pastikan Persiapan Berjalan Baik

“Semoga yang dilakukan bisa meningkatkan kesejahteraan sosial, menumbuhkan semangat dam lansia produktif,” ucap Bupati.

Bupati juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat tentang Hari Jadi ke-77 Kabupaten Deliserdang. “Sebentar lagi, akan memperingati Hari Jadi ke-77 Kabupaten Deli Serdang. Deliserdang adalah kabupaten hebat yang memiliki banyak prestasi. Tema yang dipilih adalah Bangga Jadi Warga Deli Serdang,” pungkas Bupati.

Sebelumnya, Camat Percut Sei Tuan, A Fitryan Syukri SSTP MSi dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan Senam Pagi Bersama Lansia dan Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kecamatan Percut Sei Tuan dan Dinas P3AP2KB Deliserdang dengan dukungan Dinas Kesehatan serta Dinas Sosial.

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai tindaklanjut Surat Telegram Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) No.400.4.3/6429, paaa tanggal 26 Mei 2023 Tentang Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 Tahun 2023, yang menginstruksikan kepada setiap kabupaten/kota untuk menyelenggarakan Peringatan Hari Lansia tingkat kabupaten/kota. Selain itu, kegiatan ini juga dirangkaikan sebagai bagian dari Perayaan Hari Jadi ke-77 Kabupaten Deliserdang,” kata Camat.

BACA JUGA..  Evaluasi Penyaluran LPG dan BBM, Pemko Tebing Rakor bersama Polres

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi apresiasi kepada para lansia yang telah memberi kontribusi bagi Kabupaten Deliserdang. “Kita meyakini masyarakat lanjut usia di Kabupaten Deliserdang adalah mereka yang telah mengambil bagian sebagai salah satu komponen yang turut mewujudkan Deliserdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan,” ucap Camat.

Kegiatan tersebut, imbuh Camat, dilaksanakan berbagai rangkaian acara, antara lain Senam Bersama Lansia yang diikuti 800 lansia, Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas sebanyak 174 desa/kelurahan di 22 kecamatan se-Deli serdang, di mana pembinaan lansia merupakan salah satu komponen dalam pembinaan kampung keluarga berkualitas, dan kegiatan lainnya.

“Mari kita terus bergandeng tangan dalam memfasilitasi masyarakat lansia untuk dapat menjadi lansia tangguh dan mandiri, serta bersama kita bersinergi dalam mewujudkan Deliserdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakat yang religius dan rukun dalam kebhinekaan agar kita akan selalu bangga menjadi warga Deliserdang,” tutup Camat.

Di acara tersebut, disampaikan pula Kepala Desa (Kades) Tanjung Rejo, Selamet dan istri, Rosita akan mewakili Deliserdang dan Sumatera Utara, pada ajang KB Lestari 20 Tahun Tingkat Nasional. (*)

Reporter: Demson Tambunan/Erwin Sitorus
Editor: Maranatha Tobing