Polres Tanjungbalai Ungkap Tiga Kasus Narkotika, Lima Tersangka

oleh
Kapolres Tanjungbalai, AKBP Ahmad Yusuf Afandi,SIK,MM bersama jajaran memaparkan hasil pengungkapan kasus Narkotika selama bulan November 2022. Sebanyak 3 kasus narkotika dengan 5 tersangka berhasil diungkap beserta barqng bukti. Paparan ini dilaksanakan di depan Ruang Sat Narkoba Polres Tanjungbalai, Rabu (30/11). (Ignatius Siagian/Posmetromedancom)

POSMETROMEDAN.com – Polres Tanjungbalai sukses mengungkap tiga kasus Narkotika dengan lima orang tersangka, selama Nopember 2022.

Hal itu disampaikan Kapolres Tanjungbalai, AKBP Ahmad Yusuf Afandi,SIK,MM dalam keterangan pers-nya kepada awak media  di depan Ruang Sat Narkoba Polres Tanjungbalai, Rabu (30/11).

Kapolres Tanjungbalai juga menyatakan, bahwa dari kasus Narkotika dengan lima orang tersangka itu, juga turut diamankan barang bukti berupa Narkotika jenis sabu-sabu seberat 3.928,3 gram dan pil ekstasi sebanyak 35 butir.

EPAPER

Katanya, barang bukti tersebut disita dari kelima tersangka yakni HYP alias HEN dan KD alias Tina dengan barang bukti shabu-shabu 542,93 garam, AEP alias Alwi dengan barang bukti sabu-sabu seberat 3.385,3 garam, serta IME alias Nanda dan AS alias Agung dengan barang bukti berupa 25 butir pil ekstasi warna merah muda dengan berat bersih 9,09 gram dan 10 butir pil ekstasi warna biru dengan berat bersih 3,77 gram, dengan total barang bukti sebanyak 35 butir pil ekstasi dengan berat bersih 12,86 gram.

BACA JUGA..  Polres Labusel Tangkap Pengedar dan Pencetak Uang Palsu

Tindak pidana Narkotika ini merupakan jaringan Malaysia – Indonesia (Tanjungbalai – Pekan Baru) yang beroperasi dengan cara menjemput dan membawa Narkotika dari Malaysia yang dikendalikan oleh U (tinggal di Malaysia). Selanjutnya, U menyuruh orang kepercayaannya yang ada di Tanjungbalai untuk menyerahkan, menerima, menyimpan Narkotika jenis shabu-shabu tersebut melalui handphone dengan upah sebesar Rp2.500.000 – Rp6.000.000.

“Untuk barang bukti berupa pil ekstasy, disita dari tersangka IME alias Nanda dan AS alias Agung dengan barang bukti sebanyak 25 butir pil ekstasi warna merah kuda dengan berat bersih 9,09 gram dan 10 butir pil ekstasi warna biru dengan berat bersih 3,77 gram, total barang bukti pil ekstasy adalah 35 butir dengan berat bersih 12,86 gram,” ujar Kapolres Tanjungbalai, AKBP Ahmad Yusuf Afandi,SIK,MM.

BACA JUGA..  Kuasa Hukum Sesalkan Oknum Satres Narkoba Polres Pelabuhan Belawan Mangkir Diperiksa Poldasu

Masih menurut Kapolres, pengungkapan terhadap ketiga kasus Narkotika dan lima tersangka itu dilakukan berbeda – beda.

Awalnya adalah pengungkapan dilakukan pada hari Kamis tanggal 24 November 2022 sekira pukul 22.30 WIB, Satres Narkoba Polres Tanjungbalai mengamankan 2 orang laki-laki bernama IME alias Nanda dan AS alias Agung dari Jalan Singosari, Kelurahan Gading, Kecamatan Datuk Bandara, Kota Tanjungbalai dengan cara Undercover But dengan barang bukti 35 butir pil ekstasi.

Kemudian pada hari Jumat tanggal 25 November 2022 sekitar pukul 04.20 WIB
dilakukan penangkapan terhadap laki-laki bernama HYP alias HEN serta KD alias Tina dengan barang bukti shabu – shabu 542,93 gram dari Hotel KM 7 di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai juga dengan cara Undercover Buy.

BACA JUGA..  Bandar Sabu Diringkus Polres Karo, Belasan Paket Disita 

Berikutnya dalah tersangka AEP alias Alwi ditangkap dari rumahnya di Jalan RA Kartini’, Lngkungan III, Kelurahan Pagang, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai pada hari Jumat, tanggal 25 Nopember 2022 sekitar pukul 05.30 WIB dengan barang bukti shabu – shabu seberat 3.385,3 gram.

“Akibat dari tindakan nya itu, para tersangka diancam melanggar Pasal 114 ayat (2) Subsidair Pasal 112 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman, paling singkat 5 tahun, paling lama 20 tahun, penjara seumur hidup atau pidana mati,” tegas Kapolresta Tanjungbalai ini. (*)

Reporter: Ignatius Siagian
Editor: Maranatha Tobing