Santri Pesantren Darul Mursyid Kembali Berprestasi di Pra OSK 2022

oleh
Santri Pesantren Modern Unggulan Terpadu "Darul Mursyid" (PDM) yang berprestasi di ajang Pra OSK 2022. (Amran Pohan/Posmetro Medan)

POSMETROMEDAN.com – Santri Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) yang di Sidapdap Simanosor  Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan kembali tunjukkan prestasinya pada Olimpiade Sains Pra-OSK (OSAK) 2022.

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains Darwis Simbolon sekaligus guru senior di Pesantren Darul Mursyid menyebut, OSK diselenggarakan oleh lembaga pendidikan dan pelatihan olimpiade ternama di Indonesia, yaitu Pelatihan olimpiade Sains Indonesia (POSI) untuk menguji coba  atau try out para calon medalis Olimpiade berskala nasional sebelum pelaksanaan KSNK 2022.

Dikatakan, Olimpiade Sains Pra-OSK Ini bisa menjadi salah satu tolak ukur persaingan siswa sebelum pelaksanaan  Kompitis Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSNK) 2022.

Disebut, Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten sampai ke tingkat nasional diperkirakan akan dimulai pada bulan Maret 2022, karena itu tim olimpiade harus terus melakukan persiapan-persiapan dalam menghadapinya.

BACA JUGA..  Kacabdisdik Apresiasi Kehadiran Pegawai di Hari Pertama Pasca Lebaran

“Olmpiade Sains yang diselenggarakan POSI ini adalah olimpiade sains Pra-OSK yang sebenarnya bertujuan untuk menguji sejauh mana kesiapan santri kami dalam menghadapi seleksi KSNK yang akan datang,” ungkapnya seraya mrnyrbut, pelaksanaan olimpiade ini berjalan dengan lancar diikuti ratusan sekolah di Indonesia seperti MAN 2 Malang, MAN 1 Samarinda, SMAN 1 Pandenglang, MAN 3 Sukabumi, MAN 1 Wonosobo, MAN 1 Jombang, MAN 1 Mandailing Natal dan lain-lain. Olimpiade ini dilaksanakan secara daring pada tanggal 16 Januari 2022 dan meraih beberapa medali.

“Peraih medali itu adalah Hutri Sapta (peraih medali perak) dan Ihsan Riski (peraih medali perak), pada bidang ekonomi. Sedangkan di bidang geografi adalah Mhd Al-Rafi NZ (peraih medali perak),” terangnya.

Salah satu guru pembina Olimpiade Pesantren Darul Mursyid Rismauli Manurung, S.Pd mengatakan, perjuangan untuk meraih prestasi tidak akan pernah berakhir.

BACA JUGA..  IPSI dan PSHT Beringin Kompak Berbagi kepada Kaum Duafa

“Semua tim olimpiade Darul Mursyid masih harus mengikuti pelatihan baik di tingkat sekolah, regional dan nasional untuk berkompetisi pada level yang lebih tinggi. Tidak hanya pada KSNK 2022, tetapi harapannya santri Darul Mursyid harus bisa tampil pada olimpiade-olimpiade bergengsi pada tingkat nasional dan internasional. Semoga dengan prestasi ini bisa menjadi motivasi untuk lebih banyak belajar dan berdo’a untuk kejayaan sains Darul Mursyid,” tuturnya.

Drs Yusri Lubis selaku Direktur Pesantren Darul Mursyid mengaku bersyukur atas pencapaian prestasi pada Olimpiade Sains Pra-OSK tahun ini.

Menurutnya, sebagai strategi dalam penguatan prestasi, para santri yang menjadi anggota tim olimpiade harus diarahkan untuk mengikuti pelatihan olimpiade secara rutin sehingga nantinya mereka benar-benar siap pada setiap perlombaan olimpiade-olimpiade sains baik pada tingkat nasional maupun internasional.

BACA JUGA..  Dosmar Banjarnahor Dinilai Layak Dinobatkan Bapak Pembangunan Humbahas

Hal senada dikatakan, Ja’far Syahbudin Ritonga (JSR) selaku Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir).

Sekretaris Bidang Pemberdayaan Umat di Majlis Ulama Indonesia (MUI) Sumut ini

mengaku, sangat bangga atas pencapaian prestasi yang terus bertambah.

“Alhamdulillah santri Darul Mursyid terus mengalami peningkatan dalam hal prestasi. Dengan terus menambah prestasi Pesantren Darul Mursyid, menunjukkan bahwa kita masih konsisten dalam pencapaian visi dan misi sebagai pusat kejayaan sains dan peradaban Islam di Sumatera bagian tenggara. Insya Allah kita tidak akan pernah berhenti untuk mengikuti event perlombaan bergengsi dimanapun,” tutupnya. (*)

Reporter: Amran Pohan
Editor: Mangampu Sormin