,

Wali Kota Medan Copot Kepling VIII Pulo Brayan Bengkel

oleh
Wali Kota Medan, Bobby Nasution, saat melakukan Sidak dan menunjukkan laporan warga atas pungli pengurusan KK dan KTP kepada Kepling yang melakukan pungli. (Ali Amrizal/Posmetro Medan)

POSMETROMEDAN.comWali Kota Medan, Bobby Nasution kembali mencopot oknum yang melakukan pungutan liar (pungli). Kali ini,  giliran Sulistyo selaku Kepala Lingkungan (Kepling) VIII, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, Kecamatan  Medan Timur.

Aksi pungli terungkap atas laporan Ian kepada Menantu Presiden Jokowi saat melakukan inspeksi mendadak (sidak)  kantor Lurah Pulo Brayan Bengkel, Selasa (11/1) malam.

Dihadaapn Bobby, Ian bilang Kepling tega meminta uang untuk mengurus KK dan KTP keluarganya. Dengan dalih tidak ada data di Disdukcapil, Kepling meminta Rp1,7 juta agar urusan selesai. Ian mengaku dua kali membayar agar KK dan KTP-nya beres. Pertama Rp1 juta kemudian Rp700 ribu.

BACA JUGA..  2 Kali Hamil, Janda Minta Dinikahi Kades

“Urusnya Agustus 2021 lalu pak. Baru berani lapor sekarang setelah saya baca berita di Medsos. Saya beranikan lapor ke DM IG bapak.. Alhamdulillah langsung direspon. Terima kasih perhatian Pak Wali,” kata Ian yang mengirim DM dengan bukti video kepada Bobby.

“Iya saya baca DM kamu. Saya lihat langsung. Sekarang warga sudah mudah kalau mau melapor. Jangan ada Pungli lagi. Selalu saya sampaikan ini, masih ada juga yang Pungli. Rp1,7 itu besar loh, kasian masyarakat,” timpal Bobby sembari menasehati Kepling tersebut didengar Lurah dan Camat Medan Timur.

BACA JUGA..  Edi Suranta alias Godol Sudah Diserahkan ke Kejari Lubuk Pakam

Tak ingin hal seperti ini kembali terulang, Bobby minta agar Kepling itu mengembalikan uang sebesar Rp1,7 juta tersebut.

“Tolong dikawal ini Pak Lurah. Kalau tak dibayar ini korbannya dampingi lapor polisi. Pak Kepling ini sudah melanggar hukum,” ungkap Bobby.

Kepada media yang ikut Sidak tersebut, Bobby bilang dia merespon laporan warga via DM dengan bukti valid. Bobby juga perintahkan Camat Medan Timur Alfi Pane agar mengganti Kepling yang lebih baik lagi.

“Urus surat tak ada biaya sama sekali itulah pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Harus copot itu karena sudah saya sampaikan berkali-kali jangan ada Pungli dan Korupsi ini dilanggar lagi,” pungkas Bobby.

BACA JUGA..  Masyarakat Pancurbatu Kirimi Papan Bunga kepada Pangdam I/BB

Uniknya, warga setempat yang mengetahui Sidak Pak Wali telah menunggu di luar Kantor Lurah Pulo Brayan Bengkel. Ketika Bobby keluar kantor warga pun bersorak senang.

“Terimakasih Pak Wali, kami tak dapat PKH sejak Kepling itu pak di sini pak. Cocok itu pak copot aja,” kata ibu-ibu warga setempat.

Usai Sidak, Bobby pun tampak melayani warga dengan mengajak ngobrol dan mendengar curhatan warga. Bobby juga tampak membawa bantuan berupa Sembako. (*)

Reporter: Ali Amrizal
Editor: Maranatha Tobing