Kepala BKD Karo Akan Periksa Camat Munte dan Seluruh Stafnya

oleh -405 views
Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, Tomi Heriko Sidabutar. (Lean/Posmetro Medan)

POSMETROMEDAN.com – Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, Tomi Heriko Sidabutar, berjanji akan memanggil Camat Munthe dan para staf pegawainya, karena meninggalkan kantor menghadiri pesta pernikahan.

Pemanggilan ini adalah menjawab pertanyaan (konfirmasi) wartawan Posmetro Medan terkait aksi Camat Munthe, Sanusi Bardena Sembiring S.STP, MA, yang meninggalkan kantor beserta seluruh pegawainya mulai dari pukul 11.20 sampai 14.30, Rabu (12/1/2022).

Aksi Camat dan seluruh pegawainya itu telah menimbulkan pembahasan baru di masyarakat dan juga pejabat Pemkab Karo.

Disampaikan Kepala BKD, Tomi Heriko Sidabutar bahwa timnya akan turun mengcek kebenaran sebagaimana yang diberitakan Posmetro Medan.

“Akan kami cek kehadiran nya”, singkat Sidabutar melalui pesan singkatnya, Kamis (13/01/2022) sekira pukul 15.16 Wib.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa jika ada PNS yang tidak disiplin akan dikenakan sanksi sesuai perundang-undangan yang berlaku sesuai jenis pelanggaran nya.

Dijelaskannya, jam kerja ASN di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Karo pada hari Senin sampai dengan Kamis pukul 08.00-16.30 Wib, dan Jumat  pukul 08.00-17.00 Wib. Sedangkan jam istirahat ASN dari pukul 12.30-13.30 Wib.

BACA JUGA..  Dua Mantan Polisi Polres Tanjungbalai Dituntut Hukuman Mati
Kantor Camat Kecamatan Munthe, Kabupaten Karo, kosong di jam kerja, Rabu (12/1/2022) pada Pukul 11.20 Wib. Camat hingga seluruh pegawai menghadiri pesta pernikahan anak salah satu staf. (Lean/Posmetro Medan)

Seperti diberitakan Posmetro Medan (www.posmetromedan.com), Kamis (13/1/2022), Kantor Camat Munthe, Kabupaten Karo, kosong. Mulai dari pimpinan tertinggi (Camat) hingga pegawai terendah tidak ada di kantor untuk melayani masyarakat. Ulah Aparatur Sipil Negara (ASN) itu terjadi, Rabu (12/1/2022).

Bahkan, sejak pukul 11.20 hingga pukul 14.30 Wib atau lebih dari 3 jam, kantor pemerinta yang seharusnya melayani masyarakat itu, tidak berpenghuni. Padahal Rabu adalah hari kerja

Saat wartawan posmetromedan.com menyambanginya, disana hanya ada satu anak kecil yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Peristiwa tak lazim itu diketahui, awalnya wartawan posmetromedan.com untuk melakukan upaya konfirmasi terkait penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) selama masa pandemi Covid-19 kepada Camat Sanusi Bardena Sembiring S.STP, MA.

Di kantor itu hanya ada anak laki-laki bernama Ray. Ray ini adalah anak salah satu pegawai disana. Menurut keterangan anak yang masih duduk di bangku SD tersebut, bahwa semua pegawai kantor pergi ke acara pesta. Sementara Camat Munthe, Sanusi Bardena Sembiring S.STP, MA, dari pagi juga belum terlihat hadir.

BACA JUGA..  Hanyut Hingga 25 Km, Bocah Ditemukan Tewas

“Orang itu pergi ke pesta buk, kalau pak Camat dari pagi belum ada datang, mungkin dia juga langsung ke pesta,” ujar Ray kepada posmetromedan.com.

Mendapat jawaban seperti itu, wartawan pun kembali mengobrol kepada Ray. Anak SD yang masih duduk di bangku kelas VI itu mengaku sudah sering sendiri menjaga Kantor Camat saat para pegawai ada kepentingan pribadi di jam kerja.

Untuk memastikan keterangan Ray, wartawan menghubungi salah satu pegawai kantor Camat Munthe bernama Reni Septida.

Melalui telepon, Reni mengakui kalau dia  dan teman-temannya sedang menghadiri pesta pernikahan salah satu anak teman mereka, yang juga pegawai di lantor Camat.

Reni juga menjelaskan bahwa mereka meninggalkan 1 anggota Satpol PP untuk berjaga di kantor.

Tapi faktanya anggota Satpol PP yang disebut Reni, juga tidak ada di kantor untuk berjaga.

BACA JUGA..  Dugaan Bagi-bagi Uang Suap, Poldasu Periksa Kapolrestabes

“Kami lagi pesta di acara anak kawan kantor kami, belum selesai acaranya, siap ini acara kami langsung balik ke kantor”, ujarnya dari ujung telepon.

Mendapat penjelasan dari Reni, wartawan menunggu hingga pukul 14.30 Wib. Tapi para pegawai belum kunjung kembali ke kantor.

Wartawan mencoba menelepon Camat Munthe, Sanusi Bardena Sembiring S.STP, MA, untuk mengkonfirmasi ulah anggotanya yang meninggalkan tugas sebagai pelayan masyarakat, di jam kerja. Tapi Camat tidak mengangkat panggilan telepon wartawan.

Selanjutnya pada pukul 15.34 Wib wartawan mengirim pesan via aplikasi WA, juga terkait tanggapan atas ulah pegawainya.

Tepat pukul 16.43 Wib, Camat Muthe baru membalas konfirmasi wartawan.

“Terimakasih bu. Mohon maaf tadi kami beserta seluruh staf ada acara di desa parimbalang dan itu di jam istirahat bu. Terimakasih atas perhatiannya,” ujar Sanusi Bardena Sembiring S.STP, MA. (*)

Reporter: Lean
Editor: Mangampu Sormin

EPAPER