Gelombang Laut Capai 4 Meter, Nelayan Diminta Waspada

oleh -111 views
ILUSTRASI

POSMETROMEDAN.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi gelombang tinggi melanda perairan Sumut-Aceh. Gelombang air laut diperkirakan mencapai 2,5 hingga empat meter.

“Waspadai gelombang 2,5 hingga empat meter di Samudera Hindia barat, baik di Sumut maupun Aceh,” ujar Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Medan, Sugiyono di Medan, Rabu (20/10/2021).

BACA JUGA..  Pamer Organ Intim di Bandara, Perempuan Diduga Siskaeee Ditangkap

Selain itu, gelombang dengan ketinggian 1,5 sampai 3,5 meter diperkirakan juga melanda perairan utara Sabang, Selat Malaka dan timur Pulau Simeuleu, Aceh.

Gelombang tinggi juga akan melanda perairan timur Pulau Simeuleu hingga Kepulauan Nias di Sumut, lalu barat Simeuleu sampai Kepulauan Mentawai di Sumbar dan Samudera Hindia barat Sumatera.

“Gelombang tinggi ini akibat angin di wilayah perairan Sumatera bagian utara bertiup dari arah timur hingga barat dengan kecepatan sampai 15 knot,” terangnya.

BACA JUGA..  Gunung Semeru Erupsi, Awan Panas Mengarah ke Lumajang

Dia meminta agar transportasi di laut memperhatikan risiko keselamatan pelayaran, seperti perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, kapal kargo dan lain sebagainya.

“Kita juga mohon supaya masyarakat yang tinggal, dan beraktivitas di pesisir pantai mewaspadai gelombang tinggi ini,” ucapnya.(*)

EPAPER