Bank Sumut Raih Golden Trophy di InfoBank Awards 2021

oleh -855 views

POSMETROMEDAN.com-PT Bank Sumut sukses menjaga kinerjanya selama 5 tahun berturut-turut dan memperoleh Golden Trophy dengan predikat “Sangat Bagus” dalam ajang E-Awarding “26th Infobank Awards 2020” Selasa, 7 September 2021.

Dilihat dari kinerja, Bank Sumut juga mampu mencatatkan kinerja pertumbuhan positif dari total asset dan menjaga  pertumbuhan labanya.

Coorporate Secretary Bank Sumut Syahdan Ridwan Siregar yang mewakili manajemen untuk menerima penghargaan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi penghargaan yang telah diberikan.

“Penghargaan ini menjadi penanda kepercayaan pemangku kepentingan termasuk nasabah yang kian meningkat kepada Bank Sumut,” tukas Syahdan.

Pencapaian Bank Sumut tersebut didasarkan pada pencapaian sejumlah indikator kinerja keuangan di tahun 2020.

“Sebab Bank Sumut mampu membukukan aset sebesar Rp 33,5 triliun, penyaluran kredit Rp 23,6 triliun, dana pihak ketiga Rp 26,9 triliun dan penurunan NPL gross yang semula tercatat sebesar 4,36 % pada tahun 2019 menjadi 3,54 % pada tahun 2020,” sebut Syahdan.

Berbagai pencapaian kinerja bisnis tersebut telah mendorong realisasi pencapaian laba bersih Bank Sumut tahun 2020 yang tercatat sebesar Rp 515 miliar.

“Rapor keuangan ini juga membuat Bank Sumut berhak menerima predikat “Sangat Bagus” untuk yang kelima kalinya pada 26th Infobank Awards 2021,” tegas Syahdan.

Walaupun pandemi masih terus berlanjut, Bank Sumut tidak berhenti untuk berinovasi dalam menciptakan produk dan layanan perbankan yang memudahkan nasabah dan masyarakat Sumatera Utara.

Sebanyak 50 institusi perbankan meraih penghargaan Infobank Awards 2021 pada Selasa, 7 September 2021.

Pemberian penghargaan Infobank Awards 2021 ini didasarkan pada Rating 109 Bank 2021 yang dikeluarkan oleh Biro Riset Infobank (birI).

Rating yang diolah berdasarkan kinerja tahun 2020 ini menerapkan tujuh kriteria dalam melakukan penilaian terhadap lembaga perbankan.

Antara lain, peringkat profil manajemen risiko, peringkat nilai komposit GCG, permodalan, kualitas aset, rentabilitas, likuiditas, dan efisiensi.

Kriteria penilaian yang digunakan Biro Riset Infobank lebih berat daripada kriteria yang digunakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bila penilaian kesehatan bank versi regulator mengacu pada profil risiko, GCG, rentabilitas, dan permodalan, maka Biro Riset Infobank menambah kriteria lainnya, yakni efisiensi dan pertumbuhan.

Sementara itu, Chairman Infobank Institute Eko B Supriyanto mengatakan bahwa penghargaan yang diterima oleh 50 bank dengan predikat “sangat bagus” ini adalah tanda atas masih tingginya kepercayaan masyarakat terhadap institusi perbankan.

Institusi perbankan perlu menjaga kepercayaan ini melalui good corporate governance dan pelayanan yang efisien.

“Kita lihat sekarang, perbankan masih menjadi pilar utama masyarakat dalam mengelola uang mereka. Institusi perbankan perlu meningkatkan integritasnya dengan penerapan GCG dan pelayanan yang semakin efisien ke depannya,” ucap Eko dalam sambutannya.(bs)

EPAPER