Genjot Perbaikan Jalan dan Drainase, Bobby Komitmen Benahi Infrastruktur Kota Medan

oleh -117 views
Walikota Medan, Bobby Nasution bersama dinas terkait, memantau lokasi yang menjadi salahsatu target utama dalam membenahi kota, yaitu perbaikan drainase dan jalan berlubang. (Ist/posmetro)

POSMETROMEDAN.com – Wali Kota Medan, Bobby Nasution menjadikan perbaikan infrastruktur sebagai salah satu dari lima program prioritas yang harus di tuntaskan dimasa kepemimpinannya. Bahkan Bobby Nasution menargetkan untuk perbaikan jalan di Kota Medan dapat diselesaikan dalam kurun waktu dua tahun.

Tidak hanya itu aja Bobby Nasution juga telah menganggarkan sebesar Rp45 Milyar untuk memperbaiki drainase dan aliran sungai sehingga Kota Medan, sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia dapat segera terbebas dari masalah banjir.

Oleh sebab itu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan sebagai instansi yang menaungi perbaikan jalan dan drainase di Kota Medan ini dituntut untuk terus bergerak cepat melakukan perbaikan jalan dan draise di sejumlah titik.

BACA JUGA..  Dana Kelurahan Bisa Digunakan untuk Pelatihan Pengolahan Sampah

Saat ditemui pada Rabu lalu, (25/8), Kepala Dinas PU Kota Medan, Zulfansyah Ali Sahputra menjelaskan jajarannya terus berkerja keras melakukan perbaikan jalan dan juga drainase.

Untuk drainase sendiri, Zulfansyah Ali Sahputra mengatakan ada 59 paket perbaikan drainase yang akan dikerjakan di tahun ini diantaranya dijalan Bunga Asoka, jalan H.M Yamin, jalan Karya Wisata,  jalan Sei Belutu dan masih banyak lagi.

“Ada 59 paket yang akan kita kerjakan ditahun ini, dalam minggu-minggu ini sudah mulai kita kerjakan,” kata Zulfansyah.

Perbaikan drainase tersebut tidak hanya dilakukan dengan sistem tender saja, tetapi juga dilakukan secara swakelolah dengan menggunakan material yang di miliki oleh Dinas PU dan dikerjakan oleh petugas PU sendiri.

BACA JUGA..  Sidang Lanjutan Lahan PLTA Batangtoru, Saksi Tidak Tau Lokasi Lobu Sitompul

Selain perbaikan drainase, Zulfansyah Ali Sahputra juga menyebutkan bahwa pengorekan drainase juga terus dilakukan oleh petugas tujuannya adalah untuk mengurangi sendimentasi dan mengalirkan air sehingga tidak terjadi banjir. Pembersihan dilakukan di setiap Kecamatan yang menjadi tanggung jawab masing-masing UPT.

“Secara rutin kita juga melakukan pembersihan untuk menghilangkan sendimentasinya agar air yang tersumbat mengalir dengan lancar,” ujarnya.

Sementara itu untuk perbaikan jalan di Kota Medan, Zulfansyah Ali Sahputra menjelaskan bahwa terdapat beberapa ruas jalan yang akan segera diperbaiki dalam waktu dekat ini baik yang dilakukan melalui tender, menggunakan e-katalok daerah ataupun yang dilakukan secara swakelolah.

BACA JUGA..  12 Direksi di Tiga PUD Medan Lulus Seleksi

“Sudah ada beberapa jalan yang kita perbaiki seperti dijalan bunga asoka, jalan menuju pasar laucih juga sudah selesai kita perbaiki, dalam waktu dekat ini kita juga akan memperbaiki jalan Pancing 1,  jalan Bakti Abri, dan jalan amal,” sebutnya.

Zulfansyah Ali Sahputra juga menambahkan dalam P.APBD 2021, Dinas PU telah menganggarkan perbaikan jalan yang lebih banyak lagi terutama dijalan-jalan besar seperti dijalan Sunggal, jalan AR. Hakim, dan sejumlah ruas jalan besar lainya.

“Di P.APBD ini lebih banyak lagi jalan yang kita perbaiki secara masif terutama dijalan-jalan besar,” tandasnya. (ali)

EPAPER