Dinas Perkim Karo Diduga Kutip Biaya Pemakaman Jenasah Covid 19 Diatas Perbup

oleh -341 views

POSMETROMEDAN.com – Biaya pemakaman jenazah pasien Corona yang akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Salit, Desa Salit, Kecamatan Tigapanah, diduga biayanya dikutip tidak sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Karo no. 49 Tahun 2020

“Saat itu kita akui, ada yang melebihi pembayarannya. Karena awal atau gencar-gencarnya penyebaran virus itu paling ditakuti. Jadi untuk pemakaman jenasah pasien akibat Covid. Petugas kita kurang, saat itu susah diambil,” ujar Sekretaris Dinas Perkim, Matius Sembiring, SH, Senin (23/08/2021) lalu.

Lebih lanjut dikatakannya, selain dimakamkan di TPU Salit ada juga yang dimakamkan diluar TPU. “Itupun atas permintaan keluarga. Nah, saat itu ada yang bayar lebih, namun sekarang ini ada juga yang bayar dibawah dari standar,” imbuhnya.

BACA JUGA..  Masyarakat Miskin Desa Pancur Batu Kabupaten Karo, Tidak Pernah Terima Bantuan Pemerintah

“Bahkan ada juga yang cuma bayar 4 juta. Gimana lagi kalau keluarga pasien sudah minta tolong gak ada biaya. Kuitansinya ada koq, masih kita simpan semuanya,” timpal Kabid Pemakaman, Evi br Sinuraya terkesan membela diri dan sibuk menelepon.

Ketika disinggung terkait nama-nama petugas pemakaman sesuai Surat Keputusan (SK), Evi menyebut hanya 4 orang yang masuk SK. “Sebenarnya petugas pemakaman ada 12 orang terbagi dalam 2 tim. Namun yang masuk SK hanya 4 orang. Selebihnya langsung dibayar cash. Sebab kalau semua di SK kan, pasti membutuhkan anggaran,” bebernya.

BACA JUGA..  World Cleanup Day di Tapsel, Jadikan Sampah Bernilai Ekonomis

Diketahui sesuai Peraturan Bupati Karo nomor 49 tahun 2020 tentang pemakaman jenajah korban penyakit covid 19 sebesar RP6.647.000.

Dari keterangan yang diproleh dari Kepala Bidang Pemakaman Dinas Perkim Kabupaten Karo, data jenajah korban Covid yang dimakamkan diluar TPU Desa Salit sebanyak 110 orang. Jika ditetapkan biaya sesuai Perbub, berarti Rp731.170.000 yang dikelola Kabid Pemakaman.

BACA JUGA..  Gelora Langkat Sampaikan ke KPU, Miliki Pengurus di Kecamatan

Dijelaskan Matius, anggota dewan (DPRD) juga telah mengusulkan agar biaya pemakaman jenazah yang bukan pasien Covid di TPU Salit sebesar Rp10.750.000,- terlampau mahal.

“Dirapat kemarin di kantor dewan, mungkin akan ditetapkan sebesar Rp4,5 juta. Ini masih dalam tahap penyusunan Perda,” ujarnya.

Sementara untuk biaya kebersihan atau perawatan rutin TPU, seperti membabat rumput dan lain sebagainya, masih mengikuti sistem tenaga harian lepas. “Kita masih pakai tenaga Aron (pekerja harian). Sebab dananya belum dianggarkan,” tutup Matius. (mrk)

EPAPER