Badan Kemakmuran Mesjid Shuluhiyah Berqurban Idul Adha 1442 H

oleh -152 views

POSMETROMEDAN.com – Idul Adha atau yang biasa disebut hari raya Qurban adalah salah satu hari besar umat Islam di dunia.

Pemeluk Agama Islam melestarikan budaya potong hewan qurban sebagai salah satu bentuk ibadah dan keikhlasan kepada Allah SWT. Selain ibadah Sunnah, qurban menjadi waktu berbagi harta berupa daging kepada orang yang membutuhkan dengan tepat.

Oleh karena itu perayaan ini memiliki tata cara pelaksanaan hingga pemberian daging qurban.

Hal itu disampaikan ketua panitia Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) Shuluhiyah Lingkungan I, Kelurahan Paluh Kemiri, Lubuk Pakam, Deli Serdang, Mansyur Pasaribu S,Sos didampingi Sekretaris Awaluddin, Selasa (20/07/2021).

BACA JUGA..  Kader Masjid Di Langkat Terima Orientasi Stunting Oleh DMI & Kemenkes

Mansyur Pasaribu S.Sos yang juga Kepala Seksi Pemerintahan (KASIPEM)di Kantor Camat Beringin, menjelaskan bahwa terselenggaranya acara terswbut bukan terjadi begitu saja. Namun sudah di programkan jauh hari dengan cara membuka pendaftaran bagi masyarakat peserta yang hendak berqurban.

Setelah terdata, maka terdapat sebanyak 46 orang pesrta yang ikhlas menyumbang sebagian dari miliknya hingga mampu mengumpulkan hewan berupa lembu 7 ekor dan kambing 11 ekor.

Peserta qurban dapat mencicil sumbangannya baik cicil harian maupun mingguan.

BACA JUGA..  Kwarcab Pramuka Langkat Peringati Hari Pramuka Ke 60 

“Kami berharap untuk tahun mendatang agar semua masyarakat Paluh Kemiri, Lingkungan I, dapat menjadi peserta qurban agar lebih banyak warga yang kebagian. Kami juga membuka pendaftaran bagi warga masyarakat diluar dari lingkungan satu yang hendak ikut serta dalam menumbang qurban,” katanya,
di Lalan Pendidikan, Kelurahan I Paluh Kemiri, Lubuk Pakam.

Sementara Ridwan Sitorus selaku Kepala Lingkungan (Kepling) I Paluh Kemiri, menyambut baik acara tersebut dan mengapresiasi setiap masyarakat yang ikut ambil bagian dalam penyelenggaraan ini sehingga bisa terlaksana dengan baik.
Ridwan Sitorus juga berharap, penyelenggara beserta masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

BACA JUGA..  PTPN IV Adolina Tanam Perdana 742 Ha Bibit Kelapa Sawit

Sementara salah seorang tokoh masyarakat T Aldin, kepada media ini mengatakan,  bahwa dimasa sulit seperti sekarang ini karena wabah Covid 19,  banyak masyarakat yang peduli dan mampu memberi sebagian dari hartanya untuk disumbangkan melalui hari Qurban atau idul Adha saat ini.

“Semoga badai ini cepat berlalu agar ekonomi masyarakat kembali normal dan berharap tahun depan lebih banyak yang ber qurban,” katanya. (asw)

EPAPER