Teknologi ABS Honda Membantu Lindungi Keselamatan Pengendara  

oleh -75 views

POSMETROMEDAN.com – Banyak pengendara yang bisa membawa motor tanpa bisa menggunakan rem dengan baik dan benar. Tidak sedikit juga yang memiliki pola pikir bahwa jika ingin menghentikan kendaraan tinggal rem saja. Bahkan sama sekali tidak memahami mengenai manfaat teknologi pengereman tercanggih yang tersemat pada motor Honda kesayangannya.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan keselamatan merupakan hal berharga dalam hidup yang harus dijaga dengan baik. Karenanya penting bagi pengguna roda dua untuk memperkaya diri dengan berbagai pemahaman tentang teknik berkendara, seperti halnya teknik pengereman dan teknologi pendukungnya, apalagi kalau bukan teknologi Anti-lock Brake System atau ABS.

BACA JUGA..  School Holiday Promo Ajak Pecinta Honda Liburkan Boros

Teknologi ABS sendiri merupakan sebuah sistem pengereman pada kendaraan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan berkendara. Dimana sistem ABS disematkan di sepeda motor agar pada saat pengereman mendadak sepeda motor tidak selip atau ngepot ketika kondisi jalanan basah ataupun licin.

Sistem ini dilengkapi dengan sensor. Ketika sepeda motor berjalan, maka sensor kecepatan akan membaca kecepatan baik roda depan maupun belakang. Saat kecepatan ada yang tidak sama, maka akan diinformasikan ke ECU. Data dari ECU dibawa ke modulator. ECU nantinya akan menghidupkan solenoid

BACA JUGA..  Waspadai Bahaya Blind Spot Ketika Berkendara

Saat tuas rem ditarik maka otomatis tekanan fluida ke kaliper akan sangat kuat. Proses pengurangan, penahanan, dan peningkatan tekanan fluida ini berlangsung sangat cepat, sekitar 15-50 kali per detik, sehingga roda tidak akan terkunci saat terjadi pengereman mendadak.

“Fungsi ABS sangat penting bagi keselamatan pengendara. Perlu diingat, bahwa motor yang dikendarai dengan kecepatan tinggi tentu akan membahayakan bagi pengendaranya sendiri maupun orang lain yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu selain edukasi tentang keselamatan dalam berkendara, Honda sebagai pelopor keselamatan berkendara selalu berupaya mengimbanginya dengan melengkapi teknologi ABS pada sederet motor terbarunya, “ ujar Erwin Chandra.

BACA JUGA..  Telkomsel Luncurkan Layanan 5G di Kota Batam

Mengingat pentingnya fungsi ABS untuk menghadirkan kenyamanan dan keselamatan bagi pengendara motor, maka beberapa tipe motor produksi tahun 2020 sudah dilengkapi dengan ABS. Motor-motor tersebut yaitu, Honda PCX 150, Honda PCX 160, Honda PCX Hybrid, Honda ADV150, Honda SH150i, Honda Forza 250, dan Honda CBR series. (ril/bdh)

EPAPER