Over Kapastitas, Sat Pol Air Hentikan Kapal Penumpang

oleh -116 views

EPAPER

POSMETROMEDAN.com – Petugas Satpolair Polres Tanjungbalai dari Tim Regu III Bripka Tuharno dan Bripka Agus R Tanjung menghentikan 1 unit kapal berpenumpang 33 orang yang datang dari laut tujuan Tanjungbalai, Senin (26/4/2021) sekitar pukul 02.09 WIB.

Petugas menghentikan kapal yang dinakhodai Aminuddin saat berpatroli di Perairan Tanjungbalai selama 1 x 12 jam, Minggu (25/4/2021) sekitar pukul 20.00 WIB sampai Senin (26/4/2021) sekitar pukul 08.00 WIB.

Sebelum melakukan pemeriksaan kapal, petugas patroli melakukan cek suhu tubuh 33 penumpang kapal dengan menggunakan alat Termo Scan.

BACA JUGA..  Idul Fitri, 32 Ruas Jalan di Medan Ditutup

Kemudian dilanjutkan pemeriksaan dokumen kapal yang hasilnya lengkap. Lalu muatan kapal ini berupa fiber berisi ikan dan jaring. Dalam kapal itu tidak ada ditemukan barang-barang il3gal atau yang melanggar hukum.

Petugas patroli juga melaksanakan patroli perairan untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kapal yang  diduga membawa TKI ilegal, barang ilegal atau barang yang dilarang keluar /masuk melalui perairan Tanjungbalai.

Selain itu Polmas Perairan berupa Public Speaking menyampaikan sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) tentang pencegahan penularan Virus Corona kepada awak nelayan Tanjungbalai.

BACA JUGA..  Bhayangkari Cabang Polrestabes Medan Anjangsana ke Panti Asuhan Takaful 

Sosialisasi AKB yang disampaikan mengajak awak nelayan tetap mentaati imbauan pemerintah tentang protokoler kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Selain itu menerapkan pola makanan sehat dan istirahat yang teratur.

Petugas berpesan kepada awak nelayan bila berlayar agar terlebih dahulu memeriksa mesin, melengkapi dan membawa dokumen kapal, melengkapi dan membawa alat-alat keselamatam berlayar seperti jaket pelampung, ring boy, dan kotak P3K.

BACA JUGA..  Jelang Lebaran, Kapoldasu Silaturahim ke Ponpes Al-Kautsar Al-Akbar

Kemudian, mengajak menjadi mitra Polri dalam memelihara situasi Kamtibmas dengan memberikan informasi jika ada mengetahui pelanggaran atau ini kejahatan seperti TKI Ilegal yang keluar atau masuk dengan cara menumpang di kapal, barang-barang illegal seperti Ballpress dan Narkoba.

Tidak ada kejadian yang menonjol maupun penegakan hukum. Situasi Kamtibmas di wilayah hukum Perairan Kota Tanjungbalai aman dan kondusif. (gib)

EPAPER