Nakes RSU Pirngadi Medan Demo Insentif Belum Dibayar, Dinkes Provinsi Sumut Beri Penjelasan

oleh

POSMETROMEDAN.comSejumlah tenaga kesehatan di RSU Pirngadi Medan berdemo karena insentif mereka belum dibayar. Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara (Sumut) memberi penjelasan soal masalah tersebut.

Kadis Kesehatan Provinsi Sumut, Alwi Mujahit, mengatakan pembayaran Nakes di RSU Pirngadi diurus oleh Pemko Medan. Dia mengatakan belum mengetahui detail apa masalah yang terjadi hingga insentif belum cair.

BACA JUGA..  FGD Kota Medan Dalam Angka 2024, Wujudkan Medan Satu Data

“Saya nggak tahu di mana masalah orang itu. Tanyakan ke (Pemerintah) Kota Medan ya,” kata Alwi Mujahit saat dimintai konfirmasi, Jumat (12/2/2021).

Para Kakes yang menangani pasien Covid-19 di RSU Pirngadi Medan itu berdemo pada Rabu (10/2) lalu. Mereka mengaku insentif belum cair sejak Mei 2020.

Alwi kemudian menjelaskan mekanisme pembayaran insentif para Nakes. Dia mengatakan pembayaran insentif itu menggunakan anggaran dari Kementerian Kesehatan dan langsung ditransfer ke rekening masing-masing Nakes setelah ada usulan dari Dinkes Medan.

BACA JUGA..  Pemko Medan Diminta Segera Tindaklanjuti Hasil Reses

“Itunya dari Dinkes Kota Medan. Mereka, jadi RSU Pirngadi mengusulkan ke Kota Medan, verifikasi, kemudian dibayarkan. Begitu mekanismenya. itu langsung ke rekening masing-masing,” sebut Alwi.

“Mereka langsung itu. Anggarannya dari kementerian ke mereka,” sambung Alwi mengakhiri. (red/bbs)