MANDIRI SYARIAH

Wali Kota Tebingtinggi Bantu Korban Bencana Puting Beliung

oleh -173 views
BERIKAN : wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan memberikan bantuan kepada salah satu korban angin puting beliung.(IST/POSMETRO MEDAN)

POSMETROMEDAN.com-Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan memberikan bantuan kepada 15 orang korban bencana alam angin puting beliung di Jalan Panpadayan, Kompleks Perumahan BP7, Blok C, Lingkungan II, Kelurahan Tanjung Marulak, Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi, Kamis (14/1).

Wali Kota didampingi anggota DPRD dari Partai Gerindra Muhammad Hazly Azhari, Camat Rambutan Marwansyah Harahap, Kapolsek Rambutan AKP H Samosir, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian dan Kepala BPBD Wahid Sitorus.

Wali Kota mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Tebingtinggi menyatakan keprihatinan atas kejadian bencana angin puting beliung ini.

“Bencana ini tidak kita kehendaki. Angin puting beliung melanda daerah ini hingga porak poranda sehingga membuat kerugian materi,” tutur wali kota di hadapan korban bencana puting beliung.

“Mari kita berdoa kepada Tuhan agar tidal terjadi bencana seperti ini dan menyikapi atas bencana ini, hendaknya masyarakat mulai tinggkat kelurahan melakukan gotong royong untuk membantu korban bencana,” sambungnya.

BACA JUGA..  Masyarakat Dukung Penuh Pembukaan UINSU Tebingtinggi

Menurut Umar, bencana angin puting beliung ini harus menjadi perhatian dalam membangun konstruksi rumah. Sebab jenis bangunan rumah itu bermacam macam.

“Untuk menghindari rumah tidak rusak akibat angin puting beliung, maka dalam hal membangun rumah jangan biasakan atap besar, tiang kecil dan bangunan bagian depan dan pondasi kecil,” imbau wali kota.

Dijelaskan wali kota, membangun rumah harus memenuhi syarat agar tahan. Tetap menggunakan pondasi lebih besar dan diletakkan atap yang ringan.

“Jika kita pakai atap genteng, permeternya, berat beban bangunan mencapai 95 kg. Begitu juga menggunakan atap asbes gelombang, hitungan ukuran 40 m2, berat bangunan seberat 100 kg,” papar wali kota.

“Jadi bila konstruksi bangunan apabila tidak memenuhi ketentuan, apabila terjadi bencana gempa, mama atap akan runtuh. Apabila bangunan memenuhi syarat bagian atas ringan, maka bangunan tersebut tidak akan ambruk,” sambungnya.

BACA JUGA..  Bahas RKPD Tebingtinggi 2022, Wali Kota: Mendengar Lebih Baik Daripada Banyak Bicara

Dijelaskan wali kota, kontruksi bangunan yang baik atap tidak boleh diletakkan saja. Tapi harus diikatkan dengan bording.

Selain itu, kuda-kuda harus diikatkan dengan balok. Supaya atap tidak terbang ketika diterpa angin kencang.

“Jika mencukupi anggarannya, paling tidak dalam membangun rumah, atap menggunakan rangka baja,” sebutnya.

Kata wali kota, Tebingtinggi merupakan masuk daerah rawan bencana. Seperti banjir, angin puting beliung dan kebakaran.

“Maka dari itu, masyarakat harus hati-hati dalam menghadapi bencana ini. Paling tidak harus sigap dalam menghadapi bencana alam ini,” papar Umar.

Sedangkan untuk bantuan kepada korban bencana angin puting beliung ini, Pemko Tebingtinggi melalui BPBD memberikan bantuan sembako dan uang tunai Rp 1 juta kepada warga yang kondisi rumahnya rusak parah.

BACA JUGA..  Dishub Tebingtinggi Semprot Disinfektan Angkutan Umum

“Bantuan sembako kita berikan. Sedangkan bantuan uang tunai, kami berikan untuk upah tukang dan membeli bahan material bangunan sesuai dengan kerusakan rumah dan mudah mudahan bantuan ini bisa dipergunakan dengan sebaik baiknya,” terangnya.

Camat Rambutan, Marwansyah Harahap mengatakan ada sebanyak 15 unit rumah warga yang jadi korban puting beliung. Tingkat kerusakannya tidak sama, ada yang rusaknya parah dan sedang.

Salah seorang korban, Jhon Athur mengatakan bahwa kejadian kemarin sore begitu cepat. Sebelum turun hujan deras, ada seperti gumpalan awan hitam berputar di lokasi kejadian.

“Kencang angin mirip putaran yang berputar putar di atas bagian rumah kami. Dengan sekejab, langsung atap rumah berterbangan, sehingga tampak hanya rangka bangunan,” jelasnya.

Mewakili korban, Athur mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Tebingtinggi untuk bantuannya kepada para korban.(bbs)