Wagubsu Wacanakan Aspal Jalan Tembus dari Bahorok Menuju Tangkahan

oleh

POSMETROMEDAN.com – Bupati Langkat Terbit Rencana PA menyambut kunjungan Wagubsu H. Musa Rajekshah untuk rapat koordinasi tentang peningkatan wisata Tangkahan dan Bukit Lawang.

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Jungle Inn, Bukit Lawang Bahorok Langkat, Jumat (30/10/2020).

Rakor tersebut, sangat diapresiasi dan didukung Bupati Langkat. Sebab menurutnya, kehadiran Wagubsu di kawasan wisata ini menjadi semangat dan dukungan nyata pada kemajuan wisata di Langkat.

“Kemajuan wisata, selain dapat meningkatkan PAD Langkat dan ekonomi kerakyatan. Selaras dengan visi misi Pemkab Langkat, yakni menjadikan Langkat yang maju, sejahtera dan religius melalui pengembangan pariwisata dan infrastruktur yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Mengenai pembahasan konsep pembangunan yang selaras, Bupati Langkat mengatakan pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Pemrov Sumut.

BACA JUGA..  SDN 1 Semadam Tidak Layak Dipakai, Kadis Dikbud Agara Dianggap Lalai

“Kami (Pemkab Langkat)  bersedia untuk menyesuaikan dengan konsep yang dimiliki Pemprov,” sebutnya.

Jadi, untuk kedepannya, Bupati berharap Wagubsu dapat terus memberi masukan dan berkoordinasi untuk mengambil langkah apa yang bisa dikoordinasikan untuk kemajuan wisata di Bukit Lawang dan Tangkahan.

Sementara Wagubsu mengatakan, Pemprov Sumut berencana membenahi beberapa hal di dua kawasan tersebut (Tangkahan dan Bukit Lawang).

Salah satunya adalah mengaspal jalan tembus dari Bahorok menuju Tangkahan.

“Rencananya kami (Pemprov) akan membantu pengaspalannya supaya jalan dari Bahorok ke Tangkahan lebih singkat,” kata Musa Rajekshah.

Pihaknya meyakini, dua destinasi wisata alam di Kabupaten Langkat ini dinilai memiliki potensi pariwisata yang besar jika terus dibenahi.

BACA JUGA..  Kacabdisdik Apresiasi Kehadiran Pegawai di Hari Pertama Pasca Lebaran

Jadi Pemprovsu akan terus mendorong kunjungan wisatawan di kawasan wisata Tangkahan dan Bukit Lawang.

“Potensi yang dimiliki Bukit Lawang dan Tangkahan sangat besar. Mengingat kawasan tersebut sudah dikenal luas,” tutur pria yang akrab disapa Ijeck.

“Bahkan tidak hanya di Indonesia, juga di mancanegara. Juga dikenal sebagai tempat tinggal binatang endemik Indonesia yakni orang utan,” ungkapnya.

Kepada Pemkab Langkat, Wagub mengucapkan terimakasih atas kesiapan untuk bersinergi mengenai rencana atau konsep pembangunan di kawasan wisata tersebut.

“Sehingga pembangunan bisa selaras, efektif dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” sebut Ijek.

Dengan rencana tersebut, Wagub berharap ekonomi Sumut bisa bangkit pada tahun 2021.

Apalagi, Wagub mendengar cerita dari para pelaku wisata mengenai turunnya pendapatan pada saat pandemi Covid-19.

BACA JUGA..  Dosmar Banjarnahor Dinilai Layak Dinobatkan Bapak Pembangunan Humbahas

“Harapan kita ekonomi Sumut bisa pulih,” kata Wagub.

Mis Bakti, dari Forum Komunikasi Bukit Lawang mengatakan, baru pertama kali kepala daerah tingkat provinsi dan kabupaten duduk bersama membicarakan kemajuan wisata di Bukit Lawang.

Apalagi hal tersebut dilakukan langsung bersama dengan pelaku wisata kawasan tersebut.

Adapun masukan dari pelaku usaha wisata kawasan Bukit Lawang antara lain, peningkatan jalur wisata, penertiban retribusi dan parkir, pengelolaan sampah, perlunya sanggar budaya, pelayanan jaringan listrik, hingga pembinaan UMKM di kawasan Bukit Lawang.

Turut hadir wakil ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut Effendy Pohan, dan jajaran Pemkab Langkat.(yan/sut)