Bupati Langkat Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam

oleh -99 views

POSMETROMEDAN.com – Bupati Langkat Terbit Rencana PA diwakili Wakil Bupati H Syah Afandin, menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam Tahun 2020 bersama Polres Langkat, di alun alun T.Amir Hamzah Stabat, Rabu (11/11/2020). Apel tersebut mentaati anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan (Prokes) Covid 19.

Apel yang dipimpin H.Syah Afandin turut dihadiri Wakapolres Langkat, Kepala BPBD dan Kadis Sosial Pemkab Langkat, ketua PWI Langkat, perwakilan dari Dandim 0203/Langkat, Danyon Marinir 8 Tangkahan Lagan, Dan POM Pangkalan Berandan, ketua Pengadilan Negeri Stabat, Kajari Langkat, Kepala BNN Langkat,  Danyon A Brimob Binjai, seluruh Jajaran PJU Polres Langkat, para relawan serta tenaga sosial kemanusiaan dan sejumlah undangan lainnya.

BACA JUGA..  Rakor Satgas Pertanahan, GTRA Diminta Bergerak Cepat Melegalitaskan Kepemilikan Tanah Masyarakat di Langkat

Wabup pada amanatnya, menjelaskan, pelaksanaan apel ini bertujuan untuk mengingatkan kepada semua pihak terkait, akan pentingnya kewaspadaan, sebelum terjadinya bencana. Serta untuk berdo’a tidak terjadinya bencana alam di daerah ini.

“Melalui apel ini juga diharapkan, agar setiap kita punya tanggung jawab moral yang tinggi terhadap pencegahan maupun penanganan bencana bilamana terjadi. Serta untuk mengingatkan komitmen kita adalah menjauhkan masyarakat dari bencana dan menjauhkan bencana dari masyarakat,” pungkasnya.

BACA JUGA..  Program Pembinaan Lingkungan Hidup Tahun 2020, Kodim 0204 DS Tanam 5000 Batang Pohon Akar Wangi

Selanjutnya, Wabup mengajak seluruh peserta apel untuk selalu siap melaksanakan tugas kemanusiaan dengan memperkuat koordinasi secara cepat dan terarah dalam setiap pengambilan keputusan.

Mengedepankan rasa kemanusiaan dalam setiap pelaksanaan tugas. Melaksankan prosedur penanganan terhadap wilayah bencana maupun terhadap korban bencana segera dilakukan secara tepat.

Serta agar selalu dan terus memperhatikan kondisi peralatan, perlengkapan maupun transportasi operasional yang ada untuk siap dipergunakan sewaktu  waktu.

“Marilah kita semua menguatkan komitmen menjalankan tugas kemanusiaan  dengan baik dan semoga kita dapat menjadi pelayan masyarakat yang maksimal, sebagai bukti dari pelaksanaan amanah yang di emban,” tegasnya.

BACA JUGA..  DPRD Setujui APBD TA 2021 Kabupaten Deli Serdang

Pada apel juga menghadirkan armada penangulangan bencana dari masing  masing kesatuan, guna melalakukan pemeriksaan. Pasukan apel terdiri dari 1 Ran PM Subdenpom 1/5-3 Pangkalan Berandan, 20 Ran Polres Langkat, 30 Ran Roda dua Gabungan dari  Kodim 0203,Polres dan BPBD. Serta  1 SST Shabara Polres Langkat, 1 SSR Subdenpom , 1 SST Kodim 0203/LKT,  1 SST Yon 8 Marinir Tangkahan Lagan, 1 SST Pol Airud Polres langkat,  1 SST Dishub,  1 SST Tagana Dinsos Langkat, 4 Ran Pemadam Kebakaran, 8 Ran Ambulance Dinkes, BPBD dan PMI Langkat. (sut)