Perangkat Desa Jati Mulya Enam Bulan Belum Gajian

oleh -77 views
TUNTUT GAJI: Sejumlah perangkat desa Jati Mulya Kecamatan Pegajahan mengelar aksi damai tuntut gaji honor selama 6 bulan, Selasa (13/10).(IST/POSMETRO MEDAN)

POSMETROMEDAN.com – Sejumlah perangkat Desa Jatimulyo Kecamatan Pegajahan menggelar demo aksi damai didepan Kantor Kepala Desa Jati Mulya Kecamatan Pegajahan, Selasa (13/10).
Aksi ini menuntut honor sejumlah perangkat desa yang belum dibayarkan selama 6 bulan. Dalam aksinya, sejumlah perangkat desa Jatimulyo membentang karton bertuliskan.
“Pak DPRD, Pjs Bupati tolong berikan hak kami, perangkat desa juga manusia, kami juga punya keluarga butuh makan, mohon cairkan honor kami,” ucap salah satu perangkat Desa.
Selain itu, kalau honor perangkat desa juga belum dibayar sampai hari ini,  kepada seluruh masyarakat bahwa mulai hari ini dan sampai waktu yang belum ditentukan kami Pemdes Jati Mulya untuk sementara kami tutup berhubung honor kami sudah 6 bulan belum dibayar.
“Ibu Camat tolong fasilitasi agar honor kami dapat dicairkan, kami mohon kepada ibu Camat, Dinas PMD, Pjs Bupati untuk menindak lanjuti permasalahan ini,” ungkap salah satu aksi.
Sementara, Kasi Pelayanan Jatimulyo Hengky Hermawan kepada mengatakan dalam aksi itu sejumlah perangkat desa Jatimulyo menuntut honor gaji selama 6 bulan agar segara dibayarkan.
Menurutnya, dengan adanya gaji honor disaat masa pandemi Covid-19 ini menjadi kebutuhan ekonomi keluarga sangat diperlukan.
Selain itu, anggaran untuk penyedian Alat Tulis Kantor (ATK) menjadi terkendala sehingga mengganggu pelayanan masyarakat disini, bahwa dengan tidak keluarnya gaji honor sejumlah perangkat desa karena terkendala ADD yang belum dicairkan.
“ADD belum cair, jadi disitu lah untuk pembayaran penghasilan tetap (siltap) honor perangkat desa. Jadi kami mohon kepada Pemkab Sergai dan DPRD Sergai agar memperjuangkan aspirasi kami ini, tuturnya.
Sementara Kepala Desa Jatimulyo, Suyanto kepada wartawan membenarkan aksi damai sejumlah perangkat desa. Dia mengakui sejumlah perangkat desanya belum ada yang menerima gaji selama 6 bulan, karena ADD belum dicairkan.
“Semoga keluhan ini segera ditanggapi,” sebutnya.
Terpisah, Camat Pegajahan Jurna Elvida saat dikonfirmasi wartawan mengakui memang benar perangkat desa se-Kecamatan Pegajahan belum ada yang gajian.
Terkait aksi itu, pihaknya akan melakukan mediasi hari ini dengan Kepala Desa dan sejumlah perangkat desa. Selanjutnya, Camat Pegajahan dan Kepala Desa Jatimulyo akan berkoordinasi dengan Dinas PMD Sergai, tuturnya.(sal)

BACA JUGA..  DPRD Deli Serdang Setujui Nota Kesepakatan KUA-PPAS Tahun 2021