HUT NAGAN RAYA

110 Calon KaDa se-Sumut Jalani Tes Psikologi 

oleh -95 views

posmetromedan – Sebanyak 110 calon kepala daerah dari 19 kabuapten/kota yang mengikuti Pilkada se Sumatera Utara (Sumut) mengikuti tes psikologi di Santika Hotel Medan, Selasa (8/9) pagi Sedangkan empat daerah lainnya akan mengikuti tes susulan.

Keempat daerah itu adalah, Serdang Bedagai (Sergai), Gunungsitoli, Pematangsiantar dan Humbang Hasundutan (Humbahas). Daerah yang menyusul ini dikarenakan hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar di KPU.

“Saya informasikan seluruh peserta yang hadir berjumlah 110 orang datang dari 19 kabupaten/kota di Sumut. Empat daerah lainnya itu hanya satu Paslon yang mendaftar. Menurut keputusan KPU tidak boleh dilakukan tes, sampai dilakukan tahapan-tahapan yang telah ditentukan KPU. Jadi ditunda dulu pelaksanannya beberapa hari kemudian,” kata Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Sumut, Ilmiah.

BACA JUGA..  MA Kurangi Hukuman 20 Koruptor, Termasuk Tamin Sukardi

Sementara itu, bagi kepala daerah yang dinyatakan positif Covid-19 tidak diperkenankan untuk ikut tahapan tes psikologi, kesehatan, dan bebas narkoba. Namu akan dilakukan tes susulan setelah hasil swab dinyatakan negatif.

“Nanti kalau sekiranya setelah isolasi mandiri diperiksa lagi dan ternyata udah negatif, maka kita sertakan di tes kesehatan rohani berikutnya,” tambahnya.

Dikatakannya, tes psikologi ini dimulai sejak pukul 08.30 WIB. Selanjutnya akan dilakukan tes wawancara. “Tadi sudah dilaksanakan tes tertulis, setelah Salat Zuhur akan dilakukan tes wawancara,” ujarnya.

Ilmiah menambahkan, keputusan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah TMS (Tidak Memenuhi Syarat) dan MS (Memenuhi Syarat) tergantung dari hasil penilaian mulai dari tes rohani, jasmani oleh IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan bebas narkoba oleh BNN (Badan Narkotika Nasional).

BACA JUGA..  Jalan Rusak di Martubung Tak Diperbaiki, Omak-omak "Serbu" Kantor Wali Kota

“Hasilnya akan diplenokan. Salah satunya saja TMS, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur,” sebutnya.

⏩ Bisa Lewati Tes

Dua bakal calon walikota Medan, Akhyar Nasution dan Bobby Nasution yang juga berhadir di tes psikologi ini mengaku bisa melewati tes ini dengan lancar.

“Tadi tes Psikologi, ada beberapa materi. Ini lagi break dan nanti dilanjutkan dengan wawancara. Prosesnya lancar, aman, saya ikuti semua prosesnya,” ujar Akhyar.

Sementara itu, Bobby Nasution teringat masa kuliahnya dahulu saat menjalani tes psikologi ini. Ia juga mengakui sempat tertawa saat melihat materi tes itu.

BACA JUGA..  Jambret Tewas Usai Tabrak Tembok, Tahankan...

“Gak ada sih bang, tes psikologi biasa. Mungkin karena terakhir pas kuliah atau proses mau S2 (magister) dulu. Ya banyak ketawa-ketawa juga tadi, disuruh gambar, ya biasa ajalah,” ujarnya usai mengikuti tes.

Bobby juga mengakui tidak mendapat kesulitan saat menjalani tes. Setelah selesai melaksanakan tes tertulis, para kandidat akan dilanjutkan dengan tes wawancara.

“Alhamdulillah udah selesai ya tes tertulis nya. Tinggal wawancara, masih nunggu jadwal dibagikan. Kemungkinan kan ada dua hari, hari ini atau besok. Kita masih nunggu ini kedapatan hari ini atau besok,” tandasnya. (ali)