PERUMAHAN WEB

Manfaat APBD Belum Dirasakan Masyarakat, WTP Kota Tanjungbalai Hanya Pencitraan

oleh
Hakim Tjoa Kien Lie, mantan anggota DPRD Kota Tanjungbalai dua periode dari PDI Perjuangan. (Ignatius Siagian/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tanjungbalai tahun 2023, dinilai hanya pencitraan.

Hal itu disampaikan Hakim Tjoa Kien Lie, mantan anggota DPRD Kota Tanjungbalai dua periode dari PDI Perjuangan saat ditemui di kediamannya di Tanjungbalai, Rabu (29/5).

Menurut Hakim, hingga saat ini dampak atau manfaat APBD belum dirasakan masyatakat. Itu menjadi alasan dasar pencapaian WTP yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Utara pada hari Senin (27/5) lalu, dinilai hanya untuk pencitraan semata.

“Predikat WTP atas LKPD tahun 2023 yang di raih Pemko Tanjungbalai itu tidak ada artinya pada saat masyarakat belum merasakan manfaat dari APBD itu sendiri, yakni apabila APBD tidak memiliki daya ungkit terhadap pembangunan daerah. Salah satunya dapat dilihat dari porsi belanja di APBD seharusnya lebih besar untuk kesejahteraan masyarakat dari pada untuk belanja aparatur,” ujar politisi PDI Perjuangan Kota Tanjungbalai ini.

BACA JUGA..  Heri Hadiri Rakor Kepala Daerah dan Forkopimda se - Sumut

Menurutnya, pemerintah daerah harus dapat merasakan kebutuhan dasar yang merupakan hak masyarakat seperti infrastruktur, air bersih dan listrik harus terpenuhi.

Oleh sebab itu, katanya, apabila kebutuhan dasar dari masyarakat tersebut belum dapat terpenuhi oleh pemerintah, maka penghargaan berupa opini WTP atas LKPD Kota Tanjungbalai itu sifatnya hanya untuk pencitraan semata.

BACA JUGA..  Monitoring Pelayanan Publik di Disdukcapil & DPMPTSP Langkat, Targetkan Kategori Nasional

Namun demikian, Hakim Tjoa Kien Lie juga memberikan apresiasi kepada Pemko Tanjungbalai atas predikat WTP tersebut, karena untuk pertama kalinya berhasil diraih Pemko Tanjungbalai.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Tanjungbalai dibawah kepemimpinan H Waris Tholib,S.Ag,MM sebagai Wali Kota Tanjungbalai akhirnya berhasil membawa Kota Tanjungbalai meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023.

Predikat WTP tersebut berhasil diraih Pemko Tanjungbalai menjelang berakhirnya masa kepemimpinan H Waris Tholib,S.Ag,MM sebagai Wali Kota Tanjungbalai periode pertama menggantikan H M Syahrial,SH,MH yang tersandung hukum.

BACA JUGA..  Dimop Bobby, PT ACK Bayar Tunggakan BPHTB Rp104 Miliar

Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tanjungbalai Tahun 2023 itu disampaikan langsung oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Utara, Eydu Oktain Panjaitan kepada Wali Kota Tanjungbalai dan Ketua DPRD Kota Tanjungbalai di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara,  di Medan pada Senin (27/5) yang di tandai dengan penandatanganan Berita Acara oleh Kepala BPK Perwakilan Sumatera Utara dengan Wali Kota Tanjungbalai dan Ketua DPRD Kota Tanjungbalai. (*)

Reporter: Ignatius Siagian
Editor: Maranatha Tobing