PERUMAHAN WEB

Kepsek SDN Muara Situlen Diduga Pakai Dana Bos Tambahan Tahun 2023 Membeli Buku

oleh
Ilustrasi

Posmetromedan.com – SD Negeri Muara Situlen, Kecamatan Babul Makmur, Kabupaten Aceh Tenggara, diduga menggunakan Dana Bos tambahan tahun 2023 diluar ketentuan dan aturan dengan melakukan pembelian buku. Penyalahgunaan dana Bos tambahan ini juga diduga dilakukan sekolah dasar negeri.

Sesuai aturan, dana bantuan BOS tambahan tahun 2023 itu, tidak boleh dipergunakan pihak sekolah membeli buku. Karena sudah jelas dalam aturan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bantuan tambahan tersebut tidak diperbolehkan untuk  membeli buku apapun itu bentuknya.

Hal itu disampaikan Bupati Lumbung Informasi Rakyat (LIRA)agara M Saleh Selian kepada Posmetromedan.com pada Jumat (31/5/2024).

“Bila ada kepsek menggunakan dana BOS tambahan untuk membeli buku itu sudah jelas menyalahi aturan yang telah diterbitkan oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan  karena dalam Juknis tidak ada yang namanya dana BOS tambahan bisa membeli buku,” tegas M Saleh Selian.

BACA JUGA..  Ramses Manullang & 5 Anaknya Dimakamkan Berdampingan

Sudah jelas dana BOS tambahan yang harus dikerjakan oleh sekolah yang mendapatkan dana BOS tambahan seperti sekolah penggerak BOS kinerja yang diberikan oleh pemerintah bisa dimanfaatkan untuk; 1) pengembangan sumber daya manusia(SDM), 2) kegiatan pembelajaran dengan paradigma model baru, 3) program digilitalisasi sekolah, dan 4) perencanaan berbasis data.

Dan bagi sekolah yang berprestasi yang mendapat dana BOS tambahan bantuan dari pemerintah pusat bisa digunakan untuk; 1) pelaksanaan asesmen kebugaran dan talenta, 2) pelatihan serta pengembangan prestasi, 3) pengelolaan informasi serta data talenta, dan 4) berbagai kegiatan aktualisasi prestasi.

“Dalam empat poin yang telah diterbitkan oleh pemerintah pusat menteri pendidikan dan kebudayaan bagi sekolah yang mendapatkan dana BOS tambahan sudah jelas poin-poin nya tidak bisa di gunakan buat yang lain,” jelas Saleh.

Sementara itu, sesuai data yang dibeberkan pihak Lira Aceh Tenggara, diduga banyak sekolah dasar baik negeri maupun swasta yang mendapatkan dana Bos tambahan, menggunakannya diluar poin-poin yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

BACA JUGA..  Pengedar Sabu Pindah Tempat Tidur 

Ini 23 sekolah SD negeri dan Swasta yang mendapatkan dana BOS tambahan TA 2023 di Kabupaten Aceh Tenggara:
1. SD negeri tanjung lama
2. SD negeri Tanah Baru
3. SD Swasta Muhamamadiyah kutacane
4. SD negeri Muara Situlen
5. SD negeri 1 kutacane
6. SD Swasta GKPI Lawe kesumpat
7. SD negeri Kumbang Lohob
8. SD negeri Kitei Meranggun
9. SD negeri Kampung Sejahtera
10. SD negeri Lawe Pakam
11. SD negeri Lawe Mantik
12. SD negeri Lawe Kinga
13. SD negeri Lawe Beringin
14. SD negeri 2 Lawe Dua
15. SD negeri 2 Biak Mauli
16. SD negeri 3 Kutacane
17. SD negeri 3 Lawe Loning
18. SD negeri 4 Semadam
19. SD negeri 5 Kutacane
20. SD negeri Alur Baning
21. SD Swasta Sada Arih
22. SD Swasta Islam Terpadu Sabilun Najaah
23. SD Swasta IT Rabbani

BACA JUGA..  Molen Ditangkap, Sabu 585 Gram, 20 Ekstasi & Senpi Diamankan

Seharusnya, dana BOS ini mulai dari pencairan hingga penggunaan diawasi agar tidak menyimpang karena banyaknya dugaan menyalahi aturan di dana BOS ini.

“Dan kita duga sekolah yang lain juga yang mendapatkan dana bantuan BOS tambahan membeli buku. Kita minta aparat penegak hukum Polres Agara melalui Kanit Tipikor untuk segera melakukan penyidikan. Dan bila nanti ada terdapat temuan tidak sesuai dengan aturan segera proses secara hukum yang berlaku,” harap Saleh.

Sementara Kepala sekolah SDN Muara Situlen, Adi Suhartono saat dikonfirmasi pada Jum at (31/5/2024) belum memberikan jawaban. (*)

Reporter: Safrizal
Editor: Maranatha Tobing