Target Pj Bupati: Langkat Masuk Kabupaten Terbaik SPM Awards 2025

oleh
Pj Bupati Langkat M Faisal Hasrimy hadiri penyerahan penghargaan SPM Awards 2024, Rabu (24/4/24) di Hotel Bidakara Jakarta. (Posmetro)

POSMETROMEDAN.com- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penghargaan kepada kabupaten/kota dan provinsi terbaik dalam menerapkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Pj Bupati Langkat M Faisal Hasrimy didampingi Asisten Pemerintahan Mulyono ikut hadir penyerahan penghargaan SPM Awards 2024 itu.

Dirinya berharap Langkat masuk kategori 10 besar dalam kategori Kabupaten terbaik penerapan SPM Awards 2025.

“Kita akan terus berbenah, saya berharap dengan kolaborasi dan kerjasama yang baik tahun depan, Kabupaten Langkat masuk kategori kabupaten terbaik penerapan SPM awards tingkat nasional 2025,” ujarnya.

BACA JUGA..  Jalinan KAD Pemkab Langkat, Karo & Dairi Kendalikan Inflasi

Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Ir Restuardy Daud menjelaskan pemberian penghargaan SPM ini berdasarkan sejumlah indikator dari Indeks Pencapaian (IP).

Di antaranya komitmen anggaran, pelaksanaan sesuai tahapan, pembentukan dan keaktifan, penyusunan rencana aksi dan kualitas, serta ketaatan terhadap pelaporan SPM.

Tujuan pemberian penghargaan untuk meningkatkan komitmen kepala daerah dalam menjalankan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan mendorong penerapan SPM di daerah dilaksanakan secara optimal.

BACA JUGA..  Di Hari Jumat, Pj Bupati Langkat Wajibkan ASN Pakai Teluk Belanga

Wamendagri John Wempi Wetipo menjelaskan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 menyatakan bahwa dana alokasi umum digunakan untuk memenuhi SPM berdasarkan tingkat capaian daerah, dan pemerintah daerah menyusun program pembangunan daerah berorientasi pada kebutuhan SPM.

IP SPM Nasional tahun 2024 mencapai diangka 83,29% dengan provinsi sebesar 84,68% dan kabupaten 81,91%.

”Ini merupakan hasil yang menggembirakan, capaian SPM terus meningkat dalam 5 tahun terakhir. Harapannya trend ini terus terjaga dengan target SPM diangka 100%,” harap Wamendagri.

BACA JUGA..  Pj Gubernur: Sumut Dukung Program Net Zero Emission

Ia juga berharap pemberian penghargaan ini ke depannya jangan hanya tiga di setiap kategori, melainkan setiap kategori diberikan 10 penghargaan.

“Sehingga menambah spirit bagi kabupaten/kota maupun provinsi di seluruh Indonesia dalam menerapkan SPM di daerahnya masing-masing,” cetusnya.(*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Maranatha Tobing