SMPN 4 Badar Diduga Selewengkan Dana Bos, Polres Agara Diminta Lidik

oleh

Posmetromedan.com – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Badar, Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) diduga menyelewengkan dana Bantuan Operasi Sekolah (BOS) tahun 2023. Dugaan ini muncul karena tidak ada transparansi dalam pengelolaan dana bantuan pemerintah tersebut.

Atas dugaan awal yang mengarah dapat merugikan negara, Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Agara meminta agar pihak Polres Aceh Tenggara melakukan penyelidikan ke sekolah SMP Negeri 4 Badar yang beralamat di Kute Rambe, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh.

Hal itu disampaikan Bupati Lumbung Infomasi Rakyat (LIRA) Agara, M Saleh Selian kepada Posmetromedan.com Sabtu kemarin (2/3/2024).

BACA JUGA..  Kapolres Sergai Berikan Bingkisan ke Petugas Pos Pam dan Pos Yan

LIRA Agara menilai, pengelolaan dana BOS tahun 2023 di SMP Negeri 4 Badar tidak transparan sehingga patut diduga ada terjadi penyimpangan dalam pengelolaan dana tersebut. Seharusnya, pengelolaan dana BOS harus transparan digunakan untuk apa saja.

“Kita sinyalir masih ada kepala sekolah yang kurang terbuka dan transparan tentang penggunaan dana BOS di sekolah seperti di SMPN 4 Badar ini. Kita mengeluarkan statemen ini, karena pihak kita mendapat keluhan dari wali atau orangtua murid. Keluhannya ke kita, bahwa mereka tidak mengetahui apa saja kegunaan dana BOS di tempat anaknya bersekolah,,” ucapnya.

BACA JUGA..  Tega! Ayah Bekap dan Duduki Bayi

“Apapun bentuk kegiatan harus melalui dengan mempedomani petunjuk teknis (Juknis) dan petunjuk pelaksanaan (juklak) dana BOS. Perlu ada papan informasi yang terpampang tentang uraian penggunaan dana di sekolah dan dapat dilihat oleh masyarakat terutama warga sekolah bersama wali murid,” tegas M Saleh Selian.

Atas keluhan orangtua murid dan informasi tambahan seperti oknum guru tidak mengetahui peruntukan dana BOS, LIRA menduga ada ketidakberesan pengelolaan dana tersebut.

Melalui Posmetromedan.com, ini LIRA Aceh Tenggara berharap agar Polres Aceh Tenggara melalui Kanit Tipikor untuk segera melakukan Lidik terhadap dana BOS yang dikelola oleh Kepala SMPN 4 Badar.

BACA JUGA..  Polda Sumut Siagakan Tim medis Selama Pengamanan Lebaran

“Bila ada terjadi penyimpangan dalam penyidikan nanti proses secara hukum yang berlaku,” sebut Bupati LIRA.

Terpisah, Posmetromedan.com mencoba meminta tanggapan Kepala Sekolah SMPN 4 Badar, Arlina Selian, atas dugaan penggunaan dana BOS yang dianggap tidak transparan.

Tapi Kepala Sekolah SMPN 4 Badar, Arlina Selian tidak bersedia mengangkat telepon dan tidak mau membalas chat yang dilayangkan Posmetromedan.com hingga berita ini ditayangkan, Sabtu (2/3/2024). (*)

Reporter: Safrizal
Editor: Maranatha Tobing