Ini Tips Kembalikan Performa Motor Setelah Berpetualang

oleh
Seorang pengendara sepeda motor honda saat melakukan touring. (Indako for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Berpetualang dengan motor kesayangan selama liburan tahun baru menjadi pilihan aktivitas yang banyak digemari para pecinta roda dua. Namun setelah liburan usai, maka mengembalikan performa motor seperti semula menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, melakukan perjalanan jauh bersama notor kebanggaan pada moment liburan tahun baru memang menjadi pengalaman yang menyenangkan. Namun ketika tiba waktunya untuk kembali beraktivitas, maka pengendara perlu memastikan kondisi sejumlah komponen motornya.

Menurut Erwin, pengendara sudah seharusnya mengetahui sejumlah tips sederhana dalam merawat dan mengembalikan performa motor setelah perjalanan jauh. Pertama, periksa kembali kinerja rem depan dan rem belakang untuk keamanan pengendara, mengingat pengecekan rem sangat penting setelah melakukan perjalanan jauh yang dapat membuat rem cepat aus.

Kedua, kondisi rantai setelah perjalanan jauh juga membutuhkan perhatian, karena biasanya akan ada kausan dan kotoran pada rantai. Sehingga sebaiknya rantai diperiksa, disetel dan dibersihkan kembali untuk mendukung keamanan berkendara. Ketiga, memastikan bahwa ketebalan ban masih dalam batas toleransi, jika sudah melewati batas keausan, maka sebaiknya dilakukan penggantian untuk menjaga kestabilan mengemudi sepeda motor.

Tips keempat, memeriksa sistem kelistrikan pada motor, seperti lampu depan, lampu rem, lampu sign, dan pastikan semuanya berfungsi secara normal. Sedangkan yang kelima, mengganti oli mesin setelah digunakan untuk berkendara jarak jauh merupakan salah hal penting untuk menjaga mesin motor prima dan mencegah terjadinya kerusakan pada komponen mesin lainnya.

Erwin Chandra menambahkan, bahwa tidak perlu menjadi mekanik handal dalam merawat motor, namun cukup memiliki pemahaman tentang komponen dan cara pemeliharaannya. Namun, untuk lebih memastikan kondisi motor kesayangan, maka pengendara dapat mempercayakan pada ahlinya dengan mengunjung bengkel resmi AHASS terdekat. (*)

Reporter: Budi Hariadi
Editor: Maranatha Tobing