Webinar Asn Culture Fest Tahun 2023, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Harap Jajarannya Terapkan Nilai-nilai Dasar Asn

oleh
Pemko Tebing Tinggi dengan leading sectornya, Bagian Organisasi Setdako Tebing Tinggi, bertempat di ruang Aula lantai IV gedung Balai Kota Jl. Dr. Sutomo, Jumat (15/12/2023).
Pemko Tebing Tinggi dengan leading sectornya, Bagian Organisasi Setdako Tebing Tinggi, bertempat di ruang Aula lantai IV gedung Balai Kota Jl. Dr. Sutomo, Jumat (15/12/2023).

Posmetromedan.com – Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. berharap jajarannya bisa menerapkan nilai-nilai dasar Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menyelenggarakan pembangunan terkhusus pelayanan kepada masyarakat. Negara ini menurut Pj. Wali Kota, membutuhkan pelayanan maksimal yang kita bisa berikan sehingga kinerja semakin baik.

“Adapun nilai-nilai BerAKHLAK itu yang terdiri atas Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Diharapkan mampu meningkatkan kinerja seluruh ASN. Mudah-mudahan hal ini akan membantu kita memberikan hasil maksimal pelayanan kepada bangsa ini. Demikian terimakasih, saya akhiri dengan Wassalamualaikum wr wb,” ujar Pj. Wali Kota dalam testimoni yang disampaikan saat Webinar ASN Culture Fest 2023, dengan tema “Strategi Tata Kelola Pemerintahan Dalam Meningkatkan Kinerja Pemerintah Kota Tebing Tinggi”.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Kemenpan RB bersama Pemko Tebing Tinggi dengan leading sectornya, Bagian Organisasi Setdako Tebing Tinggi, bertempat di ruang Aula lantai IV gedung Balai Kota Jl. Dr. Sutomo, Jumat (15/12/2023).

Sementara, Kepala BKPSDM Syaiful Fahri, S.IP., M.Si. mengatakan, Pemerintah Kota Tebing Tinggi baru saja menerima Penghargaan Meritrokasi KASN 2023 pada tanggal 07 Desember 2023 yang lalu di Yogyakarta karena berhasil meraih kategori Sistem Merit “BAIK”.

Selanjutnya, Kepala BKPSDM menerangkan bahwa jajarannya senantiasa bersikap proaktif dan optimis menghadapi perubahan yang dinamis dalam aspek kepegawaian. Hal ini mendapat apresiasi dari pemerintah pusat, yang mana BKPSDM Kota Tebing Tinggi pada tahun 2021 terpilih menjadi salah satu dari 14 Pemerintah Daerah se-Indonesia pada Pilot Project Kenaikan Pangkat paper less melalui SIASN BKN pada periode Kenaikan Pangkat 01 April 2022.

BACA JUGA..  Diduga Sebar Hoax, Oknum ASN Pemkab Simalungun akan Segera Dilaporkan

“Budaya kerja BerAKHLAK menjadikan ASN yang professional, kompetitif, selalu mengutamakan kualitas pelayanan dan prestasi kerja” ujar Kepala BKPSDM.

Untuk meningkatkan kualitas PNS, diungkapkan Kepala BKPSDM, Pemko Tebing Tinggi akan melaksanakan talent full untuk seluruh PNS, baik itu pejabat pengawas, pejabat administrator dan pejabat fungsional.

Selain nanti ada uji kompetensi, terangnya, pihaknya juga akan melihat apakah memang punya keahlian tertentu untuk bidang itu dan pantas di posisi itu.

“Dan harapan mungkin kepada PNS, untuk kepemimpinan, juga betul-betul menjadi PNS yang mengutamakan pelayanan kepada masyarakat serta dalam pelayanan bersifat netral,” tutup Kepala BKPSDM.

Irban Pemerintah I Inspektorat Ghazali Rahman, S.Sos., M.SP., CGGAE berujar bahwa Inspektorat selaku APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) memiliki tugas membantu Kepala Daerah dalam membina dan mengawasi pelaksanaan tata kelola organisasi yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah sesuai dengan tujuan organisasi.

Dukungan moral dari ASN lainnya turut disampaikannya, agar kiranya bisa menghindari, menjauhi yang namanya tindak pidana korupsi, karena kembali lagi kita ingat bahwasanya ASN ini, apabila terkena hukuman dan itu sudah di dalam kategori berat, sanksi hukumannya Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH).

“Jadi mari bersama-sama kita melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan bersama-sama bekerja sama untuk pemerintahan Kota Tebing Tinggi,” ujar Irban Pemerintah I Inspektorat.

BACA JUGA..  Ratusan Pelajar dan Masyarakat Tebing Hadiri Peringatan Isra Mi'raj 1445 H

Kabag Organisasi Setdako Ernawati Lubis, S.Pd., M.Kes. mengatakan bahwa bagian organisasi Setdako, selalu melakukan monitoring dan evaluasi hasil kerja daripada perangkat daerah.

“Melakukan pemantauan mulai dari diprogramkan, dilaksanakan sampai dengan berjalannya program, bagaimana prosesnya, apakah memang benar-benar sudah sesuai,” terangnya.

Lanjutnya, dengan perkembangan teknologi sekarang ini yang semakin meningkat, diharapkan kepada ASN agar dapat membenahi apa yang menjadi kekurangan, akan kita perbaiki, untuk saling bekerja sama, sebagai upaya meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Tebing Tinggi.

Diakhir, dirinya mengajak kepada seluruh ASN, didalam berperilaku setiap hari dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, harus mengacu kepada nilai-nilai ASN BerAKHLAK tersebut.

“Harapannya kepada seluruh ASN, jangan bosan dengan sosialisasi ASN BerAKHLAK dan supaya mau menerima perubahan, mengikuti perkembangan yang ada dengan melakukan inovasi-inovasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Komunikasi Diskominfo, Iswan Suhendi, S.STP., M.Si. dalam kesempatan itu mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan program kegiatan, Diskominfo selalu melibatkan dan berkolaborasi dengan berbagai elemen pemerintahan.

“Dan itu menjadi bagian yang penting supaya pemerintah ini tidak hanya menjadi aktor, kita berupaya lebih peka terhadap dinamika anak muda ataupun dinamika masyarakat di luar,” jelas Kabidkom Diskominfo.

Lanjutnya, Dinas Kominfo menjadi salah satu OPD penyelenggara dinamika perkembangan IT di Kota Tebing Tinggi. Bergerak, berupaya untuk berkolaborasi dengan anak muda.

“Poinnya yang dituju untuk menggairahkan anak muda, menciptakan branding anak muda lebih tinggi dengan menggairahkan semangat pengembangan IT di lingkungan anak muda. Sehingga itulah alasan kita berkolaborasi dengan berbagai elemen untuk menyediakan acara seperti saat Milenial Fest lalu,” kata Kabidkom Diskominfo.

BACA JUGA..  Evaluasi Penyaluran LPG dan BBM, Pemko Tebing Rakor bersama Polres

Lanjut Kabidkom, juga telah diselenggarakan kegiatan sharing knowledge, ini bukan hanya ajang infotainment, tapi ada sisi edukasinya, menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten, yang juga mengangkat kearifan lokal di kota Tebing Tinggi.

Memasuki tahapan Pemilu 2024, Kabidkom mengatakan, dalam fungsi instansinya tersebut, selalu berkolaborasi dengan KPU dan Bawaslu, langkah-langkah yang akan dilakukan, harus sinkron dengan apa langkah mereka.

“Dan sebagai ASN, selalu menjaga netralitas, jangan sembarangan bersikap, patuhi segala asas-asas yang sudah ditentukan oleh Bawaslu dan KPU Jangan sampai kita tidak tahu apa yang sudah diatur,” tegas Kabidkom Diskominfo.

Diakhir, Kabidkom Diskominfo berharap kepada ASN, agar jangan mudah bosan terhadap tugas-tugas yang diberikan, menjadi ladang pengabdian, tetap semangat semangat.

“Kepada seluruh teman-teman ASN dan masyarakat, kita pemerintah selalu berharap inovasi, masukan maupun kolaborasi, mencair terhadap semua elemen dan kami sangat peka terhadap masukan. Terima kasih, sukses terus teman-teman ASN dan masyarakat,” tutup Kabidkom Diskominfo.

Untuk diketahui, implementasi indeks BerAKHLAK Pemko Tebing Tinggi di tahun 2023, berdasarkan survey pemetaan budaya kerja ASN, berada dalam kategoi B (cukup sehat) dengan persentase 65,4 persen.

REPORTER: Ridwan Manurung
EDITOR: Surya