Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 Mengawal Demokrasi di Langkat

oleh
Penandatanganan deklarasi kampanye damai pemilu 2024 pada apel siaga yang digelar Bawaslu Langkat, Selasa (5/12/23) di Gedung Mabmi Langkat, Kecamatan Stabat. (Istimewa)

POSMETROMEDAN.com- Apel siaga pengawasan dan deklarasi kampanye damai pemilu serentak 2024 digelar Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Langkat.

Apel ditandai pelepasan balon ke udara, penandatanganan dan ikrar deklarasikan pemilu damai 2024, di Gedung Mabmi Langkat, Kecamatan Stabat, Selasa (5/12/2023).

Ikar diikuti Forkopimda, partai politik, KPU, tokoh masyarakat, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawasan Kelurahan (Panwaslu) di Kabupaten Langkat.

Turut hadir Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setdakab Langkat, Rudi Kinandung. Ia menyatakan Pemkab Langkat mendukung deklarasikan pemilu damai.

BACA JUGA..  Evaluasi Penyaluran LPG dan BBM, Pemko Tebing Rakor bersama Polres

Bertindak sebagai pembina apel, Ketua Bawaslu Langkat, Supriadi. Ia menegaskan pemilu seharusnya menjadi sarana integritas bangsa dan bukan sebaliknya.

Pemilu tidak boleh menjadi instrumen konflik tetapi pemilu harus menjadi alat praktek, pemersatu dan menjadi sarana penegakan keadilan.

Untuk itu, dirinya meminta kepada seluruh jajaran pengawas pemilu di Kabupaten Langkat agar tetap menjaga kode etik pengawas pemilu.

BACA JUGA..  Faisal Hasrimy Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Langkat

“Kode etik pengawas pemilu adalah suatu kesatuan bahasa moral, etika dan filosofi yang menjadi pedoman perilaku bagi pengawas pemilu, khususnya jajaran pengawas pemilu di Kabupaten Langkat,” paparnya.

Ia pun menegaskan, pengawas harus menolak segala bentuk perilaku yang dapat merusak integritas pengawasan pemilu.

“Kita sebagai pengawas, berkewajiban menolak segala bentuk perilaku yang dapat merusak integritas kita selaku pengawas pemilu,” tegasnya.

BACA JUGA..  Anggota DPRA Darwati A Gani Bantu Korban Banjir Bandang

“Kita harus tetap memegang teguh integritas dan mengawal demokrasi Indonesia yang berada di Kabupaten Langkat,” pungkasnya.

Dirinya pun menginstruksikan jajarannya, terus melakukan koordinasi dan integritas multi pihak senantiasa dijalankan dengan baik.

“Soliditas antara sesama penyelenggara harus semakin kuat terbangun menuju Pemilu 2024 yang berintegritas dan bermanfaat,” ujarnya.(*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Mangampu Sormin