PERUMAHAN WEB

Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Hadiri Verifikasi Lapangan Evaluasi Penyelenggaraan Pug

oleh
Pj. Wali Kota Tebing Tinggi mengucapkan selamat datang kepada Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi PUG tahun 2023 di Kota Tebing Tinggi sekaligus menyampaikan demografi dan gambaran umum Kota Tebing Tinggi, Kamis (09/11/2023)
Pj. Wali Kota Tebing Tinggi mengucapkan selamat datang kepada Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi PUG tahun 2023 di Kota Tebing Tinggi sekaligus menyampaikan demografi dan gambaran umum Kota Tebing Tinggi, Kamis (09/11/2023)

Posmetromedan.com – Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. didampingi Ketua PN Cut Carnelia, S.H., M.H., menghadiri kegiatan Verifikasi Lapangan Penyelenggaraan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kota Tebing Tinggi yang diselenggarakan Dinas P3APM (Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) bekerjasama dengan Kementerian PPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Kamis (09/11/2023) bertempat di ruang Aula lantai IV gedung Balai Kota Jl. Dr. Sutomo.

Membuka sambutan, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi mengucapkan selamat datang kepada Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi PUG tahun 2023 di Kota Tebing Tinggi sekaligus menyampaikan demografi dan gambaran umum Kota Tebing Tinggi.

“Secara spesifik nilai yang ada di Kota Tebing Tinggi ini luar biasa. Kalau bicara kesetaraan gender, kita membangun semua. Di Kota Tebing Tinggi, ada 4 Kepala OPD nya Perempuan, Dinas P3APM, Dinas Ketapang dan Pertanian, Dinas Kesehatan dan Dinas PPKB. Dan untuk informasi, Wali Kota Tebing Tinggi perempuan pertama se-Indonesia,” jelas Pj. Wali Kota.

BACA JUGA..  Iduladha 1445 H, ASN Pemkab Langkat Bagikan 36 Sapi & MUI 70 Kambing

Pun demikian, kesetaraan gender bukan hanya sekedar bagi porsi tapi lebih dari itu, yakni penghormatan. Kualitas kehormatan perempuan juga menjadi perhatian.

“InsyaAllah ini tercermin dalam berbagai pola kebijakan. Hal seperti ini juga terjadi dimasyarakat, perempuan memperoleh tempat yang luar biasa,” ujar Pj. Wali Kota.

Harapan disematkan Pj. Wali Kota, kiranya kegiatan ini menjadi bagian dari upaya menceritakan permasalahan yang perlu dibenahi dan yang masih memiliki kekurangan.

“Penghargaan, piala bukanlah tujuan utama tapi semata-mata agar kehidupan masyarakat khususnya kaum perempuan, semakin meningkatkan derajat dan kualitas kaum Perempuan. Mudah-mudahan kaum Perempuan di Kota Tebing Tinggi semakin berkontribusi dan bisa menjadi motivasi bagi perempuan di daerah lain,” harap Pj. Wali Kota.

Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Sosial dan Budaya Kemen PPA RI selaku Ketua Tim Verifikator Ekonovi Arianti Rahayu Damayanti, M.Si., mengucapkan terimakasih kepada Kepala OPD dan pihak terkait yang telah menyelesaikan dan melengkapi data validasi yang diperlukan dalam evaluasi penyelenggaran PUG.

BACA JUGA..  Pelaksanaan Aku Hatinya PKK Desa Banyumas Dimonitoring PKK Sumut

“Kami hadir disini dalam rangka melakukan pendalaman Kembali terkait apa yang sudah diberikan bapak, ibu terkait kesetaraan gender yang ada di Kota Tebing Tinggi. Karena keterbatasan, kami tidak melakukan diseluruh Sumut, hanya kami melakukan sampling untuk 4 Kabupaten, Kota dan salah satunya Kota Tebing Tinggi,” jelas Ketua Tim Verifikator.

Diungkapkan Ketua Tim Verifikator, bahwa evaluasi PUG berbeda dengan evaluasi tahun lalu. Dimana tahun ini, penyelenggaraan PUG mulai dari perencanaan program, penganggaran, proses pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan.

Sementara ada 7 strategi penguatan PUG diantaranya pengaturan komitmen, penguatan kebijakan, penguatan kelembagaan, penguatan sumber daya manusia dan anggaran, penguatan data terpilah, penguatan instrumen perencanaan dan penganggaran responsif gender (PPRG) dan penguatan partisipasi masyarakat.

BACA JUGA..  Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Meriahkan Idul Adha Bersama Para Santri di Pondok Pesantren AL Hasyimiah

“Kita berdiskusi untuk mempertajam, mendalami banyak usul bapak ibu. Kami menerima penajaman ini mungkin dalam bentuk google drive. Bisa diberikan kepada kami, paling lambat hari Selasa minggu depan, kami menunggu data dukung yang kurang. Nanti kita akan tahu dimana kekurangan dari bapak ibu. Semoga kita sehat dan dapat menyelesaikan penyelenggaraan PUG ini sesuai dengan waktu. Terimakasih wassalamualaikum wr wb,” tutup Ketua Tim Verifikator.

Untuk diketahui, dasar hukum Pengarusutamaan Gender (PUG) berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda. Pemda wajib menyusun kebijakan, program dan kegiatan pembangunan responsif gender yang dituangkan dalam RPJMD dan rencana strategis RPJMD dan renja SKPD.

Turut dihadiri Forkopimda, Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah, OPD terkait dan tim peliputan Diskominfo.

REPORTER: Ridwan Manurung
EDITOR: Mangampu Sormin