PERUMAHAN WEB

Pemko Tebing Tinggi Raih Penghargaan Anugerah Pengadaan Tahun 2023, Kategori Persentase Transaksi Terbesar Belanja Pdn

oleh
Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) Pemerintah dan Anugerah Pengadaan 2023, Selasa (7/11/2023) di Ballroom Birawa Hotel Bidakara, Jakarta.
Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) Pemerintah dan Anugerah Pengadaan 2023, Selasa (7/11/2023) di Ballroom Birawa Hotel Bidakara, Jakarta.

Posmetromedan.com – Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi kembali meraih penghargaan yang cukup prestisius (membanggakan) di tahun 2023 ini, setelah sebelumnya meraih penghargaan TP2DD Kota Terbaik I Wilayah Sumatera pada bulan Oktober lalu dari Menko Bidang Perekonomian, kali ini Pemko Tebing Tinggi melalui Bagian Pengadaan Barang dan jasa (PBJ) Setdako meraih penghargaan Anugerah Pengadaan 2023 dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Dengan raihan Peringkat Terbaik Kategori Persentase Nilai Transaksi Belanja Produk Dalam Negeri Terbesar dan Peringkat Ketiga Kategori Pemerintah Kota Dengan Persentase Nilai Transaksi UMK Terbesar.

Penghargaan diterima langsung oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) Pemerintah dan Anugerah Pengadaan 2023, Selasa (7/11/2023) di Ballroom Birawa Hotel Bidakara, Jakarta.

BACA JUGA..  Pemerhati Lingkungan Minta Pemkab Langkat Tertibkan Sarang Walet

Rakornas yang mengusung tema “Transformasi Pengadaan untuk Indonesia Maju”, dibuka secara langsung oleh Kepala LKPP Hendrar Prihadi dampingi oleh Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Menengah Teten Masduki dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Hendrar Prihadi menyampaikan dalam sambutan, bahwa angka realisasi penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) di tahun 2023 mencapai 90 persen. Sementara itu, realisasi produk Usaha Mikro Kecil dan Koperasi (UMKK) berhasil meningkat sebesar 1,5 persen dari pencapaian tahun lalu.

BACA JUGA..  Anak Kades Korban Arung Jeram Maut di Sungai Asahan

Dirinya mengungkapkan bahwa pencapaian ini tidak terlepas dari komitmen dan kerja bersama antara Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/PD) dalam mendorong penggunaan PDN dan UMKK. Untuk itu, sebagai apresiasi kepada K/L/PD yang telah konsisten dalam mendorong PDN dan UMKK, LKPP memberikan Anugerah Penghargaaan 2023 yang diberikan kepada K/L/PD terpilih.

Adapun penghargaan dibagi dalam lima kategori yaitu, nilai transaksi belanja produk dalam negeri terbesar, nilai transaksi belanja usaha mikro dan usaha kecil terbesar, persentase nilai transaksi belanja produk dalam negeri terbesar, persentase nilai transaksi belanja usaha mikro dan usaha kecil terbesar, dan nilai indeks tata kelola pengadaan terbaik.

BACA JUGA..  KPP Pilih Langkat Jadi Lokasi Program Budidaya Udang Vaname

Dengan adanya Anugerah Pengadaan ini, diharapkan K/L/PD di seluruh Indonesia dapat berkompetisi untuk meningkatkan penggunaan PDN dan UMKK demi mendukung pembangunan ekonomi nasional.

Untuk diketahui, angka realisasi penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) di tahun 2023 mencapai 90 persen. Sementara itu, realisasi produk Usaha Mikro Kecil dan Koperasi (UMKK) berhasil meningkat sebesar 1,5 persen dari pencapaian tahun lalu.

Turut hadir mendampingi Pj. Wali Kota Tebing Tinggi, Kabag PBJ Setdako Iqbal Halim Ramadhan Nasution, S.E.

REPORTER: Ridwan Manurung
EDITOR: Mangampu Sormin