Harapan Syah Afandin, MPZ Suarakan Keberadaan Tuan Guru Babussalam

oleh
Plt Bupati Langkat Syah Afandin bersama Majelis Permusyawaratan Zuriat (MPZ), Senin (20/11/23) di Kantor Bupati Langkat. (Istimewa)

POSMETROMEDAN.com- Majelis Permusyawaratan Zuriat (MPZ) beraudiensi ke Plt Bupati Langkat Syah Afandin, di Kantor Bupati Langkat, Senin (20/11/23).

Ketua MPZ Abdul Munim menjelaskan, MPZ sudah berdiri sejak 14 tahun silam. Keberadaannya merupakan perpanjangan tangan Tuan Guru Babussalam, sebagai Dewan Perwakilan Daerah yang berada di wilayah Besilam.

“Kami ke depannya berupaya memperkenalkan Besilam ini sebagai Ikon Kabupaten Langkat,” ujarnya.

“Kerja kami sebagai MPZ membantu Tuan Guru Babussalam, namun hanya sebatasnya saja, tidak masuk di rana ibadah,” sambungnya.

BACA JUGA..  Evaluasi Penyaluran LPG dan BBM, Pemko Tebing Rakor bersama Polres

Plt Bupati Langkat menjelaskan Besilam sudah besar dan terkenal baik di dalam negari maupun negara-negara tetangga.

Namun keberadaaan Tuan Guru Babussalam tidak seperti di Tanah Jawa, yang mana masyarakatnya selalu menyuarakan keberadaan atau lokasi tuan guru.

“Maka saya harap keberadaan MPZ tidak hanya menjaga tuan guru saja, namun harus bisa menyuarakan keberadaan besilam ini. Karena ini merupakan adanya realita sejarah terbentuknya besilam sampai sekarang,” harapnya.

BACA JUGA..  Angka Stunting, Kemiskinan & Pengangguran di Langkat Perlu Ditekan

Menurut Syah Afandin, keberadaan Tuan Guru Babussalam juga sebagai wisata religi nasional yang menjadi ikon Langkat.

“Ini akan terkenal ke depan nantinya,” yakinnya.

Sembari menjelaskan, gerbang tol sesuai permintaan bersama di tempatkan di besilam. Ini tujuannya agar wisatawan yang hadir, baik dari dalam negeri maupun mancanegara mudah dan lebih cepat untuk datang ke lokasi wisata religi besilam.

BACA JUGA..  Bupati Tandatangani MoU Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

Tuan Guru Babussalam pertama adalah Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi Naqsyabandi, merupakan pendiri Persulukan Thoriqoh Naqsyabandiyah Babussalam, berada di Desa Besilam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumut.

Kini persulukannya dipimpin Syekh Dr Zikmal Fuad MA, keturunan dari Tuan Guru Babussalam pertama.(*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Mangampu Sormin