Tetap Prima, Ini Daftar Komponen Motor yang Wajib Diganti Berkala

oleh
Salah satu sepedamotor sport Honda dikendarai pemiliknya. Motor bisa tetap prima apabila penggantian komponennya sesuai petunjuk. (Indako for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Untuk mendapatkan pengalaman berkendara menyenangkan saat naik motor di jalan, maka dibutuhkan kondisi sepeda motor dengan performa yang prima. Untuk mendukung hal tersebut maka motor kesayangan memang kerap kali membutuhkan perawatan berkala dari ahlinya untuk memastikan  kualitas dan keawetan setiap komponennya.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa perawatan berkala pada motor sudah seharusnya dilakukan, mengingat terdapat beberapa komponen atau spareparts yang memiliki masa kadaluarsa atau tidak bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.

Menurut Erwin ada sejumlah komponen pada motor yang jika lalali tidak diganti secara berkala, maka berbagai masalah dan kerusakan fatal dapat terjadi. Pertama, penggantian oli mesin secara berkala akan membuat motor memiliki akeselerasi yang baik. Peran penting oli menjadikannya komponen pertama yang wajib diganti secara berkala sesuai dengan pemakaian.

BACA JUGA..  Kemenag Sumut Lepas Jamaah Haji, Ingatkan Patuhi Aturan

Kedua, penggantian berkala busi pada motor juga merupakan yang penting dilakukan. Meski busi adalah spare part atau suku cadang dengan ukuran mini tapi jika busi sudah bermasalah maka mesin sepeda motor tidak akan berjalan fungsinya seperti biasa. Busi sendiri merupakan suku cadang yang berfungsi untuk memantik api agar pembakaran mesin bekerja.

Ketiga, aki berfungsi mengoperasikan sistem kelistrikan pada sepeda motor. Jika sepeda motor masih menggunakan aki basah, maka pengguna perlu memeriksa secara rutin kondisi air aki. Namun jika sudah menggunakan aki kering biasanya perlu waktu 1,5 – 2 tahun untuk mengganti aki.

Keempat, lampu kendaraan pun punya batas usia pemakaian. Meski sepele, keberadaan lampu ini memegang peran yang cukup vital. seperti halnya lampu rem yang berguna untuk memberitahukan pada pengendara di belakang bahwa sedang mengurangi kecepatan. Kelima, kampas rem menjadi komponen yang harus rutin diganti karena berhubungan langsung dengan keselamatan saat berkendara Jika kampas rem sudah semakin menipis atau sudah aus, maka sangat disarankan untuk segera diganti untuk #cari_aman  di jalan.

BACA JUGA..  Pakpak Bharat Raih WTP 4 Kali Berturut, Franc Tumanggor Komitmen ikuti Aturan

Keenam, bagi pengguna motor sport, kampas kopling juga perlu diganti secara berkala, terlebih jika kampas tersebut sudah cukup aus dan tidak berfungsi maksimal lagi saat digunakan berkendara. Ketujuh, filter yang tidak diganti dapat menyebabkan suara bising pada saat kendaraan digunakan. Untuk itu agar motor tetap dalam keadaan prima, lakukan penggantian komponen ini secara berkala,

Delapan, ban juga menjadi salah satu komponen yang harus diganti secara rutin mengingat ban juga merupakan komponen yang sangat penting untuk mendukung keamanan berkendara. Jika sering menggunakannya di medan yang cukup ekstrem dan kondisi ban sudah agak aus atau muncul retakan di beberapa sisi, maka lebih baik segera lakukan penggantian demi keselamatan.

BACA JUGA..  Paddock Astra Honda Kembali Terisi di Junior GP Barcelona

Erwin Chandra menambahkan, bahwa menfaat mengganti sejumlah komponen pada motor akan dirasakan para pengendara saat sedang mengaspal bersama motor kesayangan. Tidak hanya suara mesin yang halus, namun motor juga tetap prima dan gesit. Menurutnya, selain mengganti part sesuai usia pakainya, maka perawatan bekala di bengkel resmi AHASS dari ahlinya juga akan sangat bermanfaat untuk menjaga kulaitas motor kesayangan selalu prima. (*)

Reporter: Budi Hariadi
Editor: Maranatha Tobing