PERUMAHAN WEB

Resmi Beroperasi, Syah Afandin Buka Gerbang Tol Kuala Bingai

oleh
Plt Bupati Langkat Syah Afandin resmi membuka Gerbang Tol (GT) Kuala Bingai, Rabu (20/9/23) di Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. (Istimewa)

POSMETROMEDAN.com- Jalan Tol Binjai-Langsa segmen Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,55 Km telah beroperasi, mulai Rabu (20/9/2023).

Pengaktifan Gerbang Tol (GT) Kuala Bingai di Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat ini resmi dibuka Plt Bupati Langkat Syah Afandin.

Politisi PAN ini meyakini keberadaan pintu Tol Kuala Bingai dapat mendorong pertumbuhan ekonomi warga Kabupaten Langkat.

”Saya yakin dengan dibukanya exit tol Kuala Bingai ini yang aksesnya langsung ke Kota Stabat, terkhususnya mempermudah para tamu yang ingin berkunjung di ibu kota Langkat. Ini nanti juga akan berdampak untuk kemajuan UMKM yang ada di Kota Stabat,” ujarnya.

BACA JUGA..  Pelabuhan Tanjungtiram Di Kunjungi Wantimpres

Diharapkan Ondim, panggilan akrab Syah Afandin, para pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh khas Kabupaten Langkat sebagai buah tangan ketika mereka kembali ke daerah masing-masing.

“Saya ucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Presiden RI Ir Joko Widodo, dan terima kasih juga kepada PT Hutama Karya yang telah melaksanakan serta menyelesaikan pekerjaan seperti apa yang di perintahkan oleh Presiden dengan tepat waktu. sehingga pada hari ini kita secara resmi membuka Gerbang Tol Kuala Bingai untuk di gunakan masyarakat,” imbuhnya.

BACA JUGA..  Suplai Air PDAM ke Masyarakat Berkurang, Pj. Wali Kota Minta PDAM Tirta Bulian Segera Lakukan Pemeriksaan Dan Perbaikan

Diketahui penggunaan Jalan Tol Binjai-Langsa segmen Stabat-Kuala Bingai belum dikenakan tarif biaya alias masih gratis.

“Iya dari Stabat-Kuala Bingai tanpa tarif,” ujar Branch Manager Tol Binjai-Langsa, Ari Wibowo, Selasa (19/9/2023).

Namun demikian, tanpa tarif ini hanya sementara waktu saja, sampai ada Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Sementara saja, sampai ada kepmen tarif dari PUPR,” ujar Ari.

BACA JUGA..  Pantarlih Coklit ke Rumah Walikota Binjai, Jangan Ada Yang Tertinggal

Tak hanya itu, bagi pengemudi yang hendak melintas di Jalan Tol Binjai-Langsa segmen Stabat-Kuala Bingai ini sudah bisa dilalui kapan saja.

Berbeda pada saat ujicoba mudik lebaran 2023 lalu. Jika pengemudi yang hendak melintasi segmen tersebut, hanya bisa dilintasi sejak pagi hingga sore hari saja. Karena pada waktu itu, penerangan dan rambu-rambu belum selesai hingga 100 persen.(*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Mangampu Sormin