Hadiri INACRAFT, Endang Ingin UMKM Langkat Tingkatkan Daya Saing

oleh
Ketua Dekranasda Langkat, Hj Endang Syah Afandin bersama pengurus hadiri pembukaan INACRAFT ke-23. (Istimewa)

POSMETROMEDAN.com- Ketua Dekranasda Kabupaten Langkat, Hj Endang Syah Afandin hadiri pembukaan pagelaran INACRAFT ke-23, di Jakarta Convention Center, Rabu (1/3/2023). International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) adalah pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara.

Endang hadir didampingi Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Langkat, Hj Nur Elly Heriani Rambe, beserta pengurus Dekranasda Langkat.

Gelaran ini diprakarsai Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan PT Mediatama Binakreasi, berlangsung selama lima (5) hari mulai 1-5 maret 2023.

BACA JUGA..  30 Siswa SMAN 1 Besitang Lulus Jalur SNBP 2024

Endang yang juga Ketua TP PKK Langkat, berpesan kepada para pengerajin dan pelaku UMKM di Langkat, agar meningkatkan daya saing di industri digital 4.0, agar Langkat lebih di kenal baik skala nasional maupun global.

“Saya berharap pengerajin dan pelaku UMKM di Langkat lebih meningkatkan daya saingnya, apalagi di jaman industri digital 4.0 ini, agar Langkat lebih dikenal dunia,” harapnya disela acara.

Pameran INACRAFT tahun 2023 ini, Provinsi Sulawesi Selatan terpilih menjadi ikon dengan mengusung tema “From Smart Village to Global Market”.

BACA JUGA..  Minta Dukungan Pemuda, Rizky Yunanda Sitepu Pastikan Maju di Pilkada Langkat

Diisi 1.222 booth atau tenant pengerajin dari seluruh Indonesia, Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Langkat turut ambil bagian pada gelaran INACRAFT tahun 2023 tersebut.

Giat ini dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno yang hadir mewakili Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Membacakan sambutan Presiden, Sandiaga Uno mengatakan lewat gelaran tersebut diharapkan produk para pelaku UMKM di Indonesia bisa berkembang dan dikenal masyarakat dunia.

BACA JUGA..  Pj Bupati Minta Ada Bangunan Musala di Semua Sekolah di Langkat

Selain itu dirinya menargetkan INACRAFT tahun ini transaksi bisa melebihi transaksi ditahun 2019 sebelum pandemi covid-19.

Menteri Pariwisata itu juga menambahkan INACRAFT sebagai salah satu gelaran kerajinan terbesar di Asia Tenggara diharapkan mampu membangkitkan semangat dan perekonomian para pelaku UMKM yang ada di Indonesia.(*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Mangampu Sormin