Prediksi Senegal vs Belanda, Grup A Piala Dunia 21 November 2022

oleh
Sumber foto: Tirto

POSMETROMEDAN.com – Prediksi Senegal vs Belanda dalam laga Piala Dunia 2022 live SCTV Senin, 21 November di Stadion Al Thumama mulai pukul 23.00 WIB, mengarah pada dominasi Tim Oranye. Timnas Senegal berpotensi melakoni laga berat karena harus melawan salah satu raksasa Eropa dalam laga tersebut.

Skuad The Teranga Lions (julukan Timnas Senegal) juga sedang tidak komplet. Sebab, penyerang utama Senegal, Sadio Mane tidak akan turun ke lapangan.

Mane bahkan dipastikan absen dari tim Senegal selama Piala Dunia 2022 mengingat ia belum lama ini menjalani operasi pemulihan cedera tulang fibula kanan. Absennya striker Bayern Munchen itu tentu menjadi kerugian besar bagi Timnas Senegal.

EPAPER

Sebaliknya, beban Timnas Belanda setidaknya akan menjadi lebih ringan di laga perdana mereka. Selama ini, Mane memiliki peran sentral dalam permainan menyerang skuad Senegal. Peran besar Mane itu terlihat dalam kesuksesan Senegal menjadi kampiun Piala Afrika 2021, saat sang striker meraih gelar pemain terbaik.

Sadio Mane mengalami cedera ketika membela Bayern Munchen di Liga Jerman, pada 8 November lalu, melawan Werder Bremen. Pada awalnya, pelatih Timnas Senegal Aliou Cisse masih optimistis Mane akan sembuh tepat waktu dan bisa bermain di Piala Dunia 2022 Qatar.

Namun, kenyataan berkata lain. Pada 17 November kemarin, Federasi Sepakbola Senegal merilis pengumuman resmi bahwa Mane dipastikan absen selama Piala Dunia 2022.

BACA JUGA..  Crosser Astra Honda Dominasi Gelar Juara di Kejurnas Motocross 2022

“Kabar buruk bagi Timnas Senegal. Sadio Mane yang mengalami cedera saat membela Bayern Munchen tidak dapat sembuh tepat waktu sebelum Piala Dunia,” demikian isi pengumuman yang dilansir laman resmi Federasi Sepakbola Senegal (FSF)

“Cedera itu memaksa Mane menjalani operasi dan absen selama beberapa waktu,” tulis FSF.

Tanpa Mane, permainan Timnas Senegal kemungkinan tidak akan segarang saat Piala Afrika 2021. Sang striker selama ini menjadi tumpuan lini depan Senegal, dengan catatan 34 gol dalam 93 laga bersama tim nasional negara Afrika tersebut.

Mane juga sedang dalam tren performa bagus, baik di level tim nasional maupun klub. Ia tercatat mencetak 3 gol dan 2 asis saat mengantarkan Senegal merebut trofi Piala Afrika 2021 awal tahun ini. Di Bayern Munchen, performa Mane pun sedang moncer dengan torehan 11 gol dan 4 asis di semua ajang kompetisi musim 2022/2023.

Sementara itu, Timnas Belanda tidak mendapatkan masalah berarti menjelang laga perdananya di Piala Dunia 2022. Skuad asuhan Louis van Gaal sedang dalam kondisi prima dan dapat bertanding dengan dukungan sejumlah bintang, seperti Virgil van Dijk, Frenkie de Jong, dan Memphis Depay.

Timnas Belanda bahkan berhasil melalui semua laga internasionalnya selama tahun 2022 dengan tanpa kekalahan. Dari 8 pertandingan selama 2022, enam di antaranya merupakan laga UNL atau UEFA Nations League, skuad Belanda meraih 6 kemenangan dan 2 hasil seri. Terbaru, September 2022 lalu, Tim Oranye mengempaskan Polandia 0-2 dan Belgia 1-0.

BACA JUGA..  Road Show Honda DBL Bakar Semangat Generasi Juara Sumut

Kehadiran kembali Louis van Gaal, yang pernah mengantarkan Belanda meraih peringkat 3 di Piala Dunia 2014, terbukti memberi dampak positif pada skuad Oranye. Meskipun mayoritas pemain tim Oranye belum pernah merasakan atmosfer piala dunia sebelumnya, hasil kerja van Gaal selama ini menunjukkan Belanda layak masuk daftar kandidat juara.

Pemain Timnas Belanda, Nathan Benjamin Ake menyatakan timnya saat ini menaruh fokus utama pada laga perdana di Piala Dunia 2022. Dia meyakini kemenangan di laga melawan Senegal bakal menentukan langkah skuad Oranye dalam mengejar gelar juara di Qatar.

Ake menambahkan, van Gaal melakukan sejumlah persiapan secara matang jelang piala dunia. Dia bilang, salah satu fokus van Gaal sejak pertengahan 2022 ialah mengokohkan sektor pertahanan.

“Dia [van Gaal] sangat berorientasi pada detail. Kami mengubah formasi menjadi 5 bek sehingga memengaruhi cara kami menyerang dan bertahan […],” kata Ake seperti dikutip dari laman FIFA+.

Tanpa Sadio Mane, ketajaman barisan depan Senegal diprediksi berkurang. Aliou Cisse kini harus memutar otak guna menemukan sosok yang tepat menggantikan sang bintang.

Sebaliknya, Timnas Belanda bisa menurunkan skuad terbaiknya. Virgil van Dijk, Frenkie De Jong, dan Memphis Depay kemungkinan besar akan menjadi andalan Louis van Gaal sejak awal laga.

Pertandingan Senegal vs Belanda di Piala Dunia 2022 menjadi pertemuan perdana kedua tim. Jika dilihat dari hasil beberapa pertandingan terakhir, performa Belanda terbilang lebih bagus dari calon lawannya tersebut.

BACA JUGA..  Crosser Astra Honda Dominasi Gelar Juara di Kejurnas Motocross 2022

Dalam 5 laga terakhir, Tim Oranye tidak terkalahkan, dengan raihan 4 kemenangan dan 1 imbang. Adapun Senegal di laga terakhir hanya bisa meraih imbang atas Iran. Pada Juli lalu, Senegal juga mengalami kekalahan 4-3 atas Zambia di ajang COSAFA Cup 2022. (red)

5 Pertandingan Terakhir Senegal:

27-09-2022: Iran vs Senegal 1-1
24-09-2022: Bolivia vs Senegal 0-2
17-07-2022: Mozambique vs Senegal 1-1, adu penalti 2-4
15-07-2022: Zambia vs Senegal 4-3
13-07-2022: Senegal vs Eswatini 1-1, adu penalti 10-9.

5 Pertandingan Terakhir Belanda:

25-09-2022: Belanda vs Belgia 1-0
22-09-2022: Polandia vs Belanda 0-2
14-06-2022: Belanda vs Wales 3-2
11-06-2022: Belanda vs Polandia 2-2
08-06-2022: Wales vs Belanda 1-2

Prediksi Pemain Senegal vs Belanda

Senegal: Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Fode Ballo-Toure; Idrissa Gueye, Cheikhou Kouyate, Krepin Diatta; Ismaila Sarr, Famara Diedhiou, Boulaye Dia. Pelatih: Aliou Cisse

Belanda: Justin Bijlow; Denzel Dumfries, Virgil van Dijk, Matthijs De Ligt, Tyrell Malacia; Frenkie De Jong, Teun Koopmeiners, Davy Klaassen; Steven Bergwijn, Cody Gakpo, Memphis Depay. Pelatih: Louis van Gaal

Prediksi Skor Senegal vs Belanda: 1-3

Editor : ibnuyasha
Sumber : tirto