Generali Bayarkan Rp253 Miliar Klaim COVID-19 di 2021

oleh
Seorang staff Generali Indonesia tampak melakukan komunikasi via telepon kepada salah satu nasabah, memberikan penjelasan detail terkait program asuransi kesehatannya. (Generali Indonesia for Posmetromedan)

POSMETROMEDAN.com – Berkomitmen selalu hadir mendampingi nasabah di berbagai kondisi, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus membuktikan komitmennya dalam membayarkan klaim nasabah.

Sepanjang tahun 2021, mulai dari 1 Januari hingga 31 Desember 2021, Generali telah membantu lebih dari lebih dari 202 ribu nasabah melalui pembayaran klaim sebesar lebih dari Rp1 Triliun. Nilai klaim tersebut termasuk manfaat jiwa, kesehatan, penyakit kritis serta klaim terkait Covid19.

Edy Tuhirman (CEO Generali Indonesia) mengungkapkan, tahun 2021 hingga saat ini memang masih menjadi tahun yang penuh tantangan bagi semua dalam melawan COVID-19.

“Kami turut prihatin jumlah pasiennya terus semakin tinggi. Dan di saat-saat seperti inilah, Generali terus setia mendampingi nasabah melewati masa-masa sulitnya dan juga turut berbelasungkawa pada keluarga nasabah yang harus kehilangan orang yang dicintai. Kami berharap pandemi ini akan semakin memberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya proteksi jiwa dan kesehatan, dan disaat yang sama ini juga memacu semangat kami untuk terus melindungi banyak orang,”  ujarnya.

Sesuai data tren klaim Generali, jumlah kasus klaim total meningkat sebanyak 21% dan nominal klaim meningkat 64% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sebanyak 25% dari total klaim yang dibayarkan adalah klaim terkait Covid19 dengan jumlah hampir 8000 klaim sebesar Rp253 Milyar.

Pandemi COVID-19 yang masih terjadi di sepanjang tahun 2021 telah mendorong kenaikan jumlah kasus klaim COVID-19 sebesar 5x lipat, dengan nominal klaim yang meningkat sebesar 20x lipat dari tahun sebelumnya. Hal ini membuktikan bahwa risiko masih tinggi dan masyarakat sangat membutuhkan proteksi.

“Pertumbuhan signifikan ini membuktikan akumulasi yang begitu melonjak tajam hanya dalam jangka waktu 1 tahun, sehingga diharapkan masyarakat juga bisa terus menjaga kesehatan, lebih berhati-hati dan menjalankan protokol kesehatan” tutur Edy.

Komitmen pembayaran klaim yang angkanya terus meningkat menujukkan kondisi perusahaan yang masih dalam keadaan sehat dan terus mengutamakan nasabah.

Hal ini juga dibuktikan dengan nilai risk based capital (RBC) pada Q4-2021 (data unaudited) menunjukkan angka 324%, dimana lebih dari 2,5x lipat dari angka minimun yang ditetapkan pemerintah yakni sebesar 120%.

Seluruh klaim yang dibayarkan oleh Generali diproses sesuai dengan tata cara dan prosedur yang berlaku. Dalam hal klaim, Generali juga terus mengedukasi nasabah untuk bisa mencantumkan informasi yang sesuai dengan fakta, sehingga manfaat bisa dinikmati dan proses klaim bisa dilakukan tanpa halangan.

Mengerti kondisi physical distancing, Generali menghadirkan fitur yang memudahkan bagi nasabah, yaitu asisten virtual JANE yang bisa membantu nasabah jika membutuhkan informasi terkait polis, serta pengajuan klaim secara online, dimana saja hanya melalui ponsel.

Tidak hanya hadir saat nasabah sakit, Generali juga terus mendampingi di setiap kondisi dengan berbagai kemudahan.

Untuk menjaga kesehatan, Generali terus menghadirkan update informasi kesehatan terkini kepada nasabah melalui virtual event rutin, GenTalks, dan artikel kesehatan ‘Generali Healthy Living’ pada halaman website https://www.generali.co.id/id/healthyliving. Saat sakit, nasabah fitur Dokter Leo siap melayani konsultasi secara virtual, gratis, untuk nasabah sekeluarga.

Tidak hanya konsultasi, nasabah juga bisa langsung menebus resep dan obat langsung akan dikirimkan ke rumah. Saat harus dirawat, nasabah juga bisa melakukan pencarian rumah sakit secara online, proses administrasi penyelesaian rumah sakitpun dipermudah dengan adanya fitur Discharge Button.

Selain itu, nasabah juga bisa dengan mudah melakukan transaksi polis seperti cek informasi polis, cek kinerja investasi unit link, dan berbagai hal lainnya hanya melalui aplikasi Gen iClick.

Fitur-fitur inovatif ini merupakan komitmen dari Generali untuk menjadi lifetime partner dengan memberi kemudahan di berbagai customer touchpoints. Dengan menerapkan konsep high touch dan high tech, Generali terus berinovasi untuk menjawab kebutuhan nasabah, baik untuk saat ini maupun di masa mendatang. (*)

Sumber: Generali Indonesia
Editor: Maranatha Tobing

EPAPER