Sidang Lapangan Lahan PLTA Batangtoru Diguyur Hujan 

oleh -79 views
Sidang pemeriksaan setempat atau sidang lapangan dari sengketa lahan pembangunan PLTA Batangtoru, Tapanuli Selatan. (amran pohan)

POSMETROMEDAN.com – Sidang lapangan lahan PLTA (Pembangkit Liatrik Tenaga Air) Batangtoru, Tapanuli Selatan, diguyur hujan. Walau harus basah-basahan, sidang perdata tersebut tetap dilaksanakan,  Senin (1/10) di Desa Marancar Godang.

Sidang lapangan dari perkara perdata No Register 39/PDT.G/2020/PN.PSP, dipimpin Ketua Majelis Hakim Lucas Sahabat Duha, SH, MH bersama Hasnul Tambunan SH MH dan Ashari, SH sebagai anggota Majelis Hakim dan Heri Chandra sebagai Panitera Pengganti.

Pada sidang itu, Hakim Ketua memberi kesempatan kepada Kuasa Hukum Penggugat, untuk menyampaikan yang mana yang disebut lahan dengan luas sekitar 3200 hektar sesuai gugatan.

BACA JUGA..  Komisi I DPR RI Apresiasi penanganan Covid oleh TNI-POLRI di Sumut

Melalui Kuasa Hukumnya, penggugat menyampaikan, objek gugatan masih berada disebelah barat dari lokasi sidang lapangan. Tepatnya diseberang sungai Batangoru. Untuk sampai kelokasi dimaksud bisa dicapai melalui akses jalan proyek milik PT NSHE. Juga jalur lain, seperti rambin (jembatan gantung) Maheam, yang ditempuh dengan berjalan kaki.

“Posisi kita belum berada di atas objek sengketa yang mulia,” sebut Kuasa Hukum Penggugat, seraya menjelaskan, warna kuning didalam peta milik mereka adalah merupakan objek yang digugat dan berada diseberang Sungai Batangtoru, arah Barat.

BACA JUGA..  Masyarakat dan Tokoh Pemuda Karo Ultimatum Keras Hendro Saputro

Kondisi cuaca yang tak bersahabat, dan disadari sangat sulit menjangkau lokasi yang dimaksud, akhirnya Majelis Hakim meminta agar penggugat menunjukkan titik tempat lain, untuk memperlihatkan batas tanah dalam gugatan.

Mengingat waktu, selanjutnya Majelis Hakim menunda persidangan pemeriksaan setempat dan akan melanjutkan kembali  pada hari Senin 4 Oktober 2021, dengan lokasi, Bulu Payung, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok.

BACA JUGA..  Tidak Terima Dipolisikan, Ipda PJPS Laporkan Putra Kandung

Amatan wartawan, sidang lapangan itu, berjalan aman dan tertib serta menerapkan protokol kesehatan. (ran)

EPAPER