Putus Mata Rantai Covid 19, DPD AMPI Sumut Gelar Cuci Tangan di SD Bagan Percut

oleh -195 views

POSMETROMEDAN.com – Putus mata rantai Covid 19, DPD AMPI (Dewan Pimpinanan Daerah Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia) Sumut menggelar rangkaian kegiatan bertajuk ‘1000 Arti dari AMPI’ di Sekolah Dasar Patria Ittidahiyah, Kecamatan Percut Seituan,  Deliserdang, Senin (11/10/2021).

Ketua DPD AMPI Sumatera Utara Dr David Luther Lubis dalam kata sambutannya mengatakan, SD Patria Ittidaiyah di Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang menjadi lokasi pembuka dalam rangkaian kegiatan AMPI Sumut tersebut.

“Hari ini (11/10/2021) SD Patria menjadi tonggak sejarah, karena menjadi sekolah pertama yang akan kami kunjungi, yang bertepatan dengan Hari Cuci Tangan se- Dunia,” ucap David Luther Lubis.

Ia menambahkan, nantinya AMPI Sumut akan menggelarnya di seribu sekolah di Sumatera Utara. Bakti sosial AMPI ini bertujuan mensosialisasikan pentingnya untuk mencuci tangan, terlebih kepada anak-anak SD yang belum tersentuh vaksin Covid 19.

BACA JUGA..  Mulai 18 Oktober, 8 Kawasan Parkir Dialihkan dengan Pembayaran Nontunai

“Cuci tangan merupakan hal yaag sederhana, tetapi pada pelaksanaannya sering diabaikan. Dan kegiatan ini kami harapkan menjadi salah satu faktor untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19,” kata David.

“Kami ingin memulai kegiatan ini dari Deliserdang, mengingat kabupaten ini berada di (PPKM)  Level 1. Meski demikian, pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan agar tidak tercipta kluster baru,” sambung David.

Ia memambahkan, dalam rilis yang dikeluarkan badan kesehatan dunia WHO, sebesar 40 persen negara belum punya fasilitas cuci tangan.

“Karena itulah DPD AMPI Sumut terpikir untuk mengadakan kegiatan ini, guna menekan angka penyebaran Covid 19, serta membantu pemerintah dalam menanggulangi wabah yang telah hampir dua tahun ini,” urai David.

Sementara Wakil Bupati Deliserdang HM Yusuf Siregar yang mewakili Bupati Ashari Tambunan, mengucapkan terimakasih atas inisiatif AMPI Sumut yang memulai kegiatan cuci tangan dari Kabupaten Deliserdang.

BACA JUGA..  Indo Smart City Forum dan Expo 2021, Kahiyang: Motivasi Dorong UMKM Tingkatkan Produk

“Kami ikut bangga, karena AMPI telah memberi kontribusi yang nyata dengan menggelar kegiatan bertajuk ‘1000 Arti dari AMPI’ ini,” ujar Yusuf Siregar.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan digelarnya kegiatan sosial ini, artinya AMPI telah ikut berperan dalam membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Sekolah Patria Ittidahiyah Abdul Wahab ST S.Pdi. Dikatakannya, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam mengedukasi para siswa.

“Ini merupakan penghormatan bagi kami. Kami berharap, rangkaian kegiatan ini akan berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan,” imbuh Abdul Wahab.

Kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswi-mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (FKM-USU). Mereka memperagakan bagaimana cara mencuci tangan pakai sabun yeng baik dan benar kepada para murid SD Patria Ittidahiyah.

BACA JUGA..  Yayasan Mapel Bagikan 1.200 Paket Sembako Kabareskrim Polri Agus Andrianto

Sementara, Ketua Panitia Dr R Kintoko Rochadi menuturkan, kegiatan ini akan berlanjut terus hingga seribu Sekolah Dasar (SD) yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

“Selanjutnya, pada tanggal 13 Oktober 2021 akan kita laksanakan di Kabupaten Serdang Bedagai, dan tanggal 15 Oktober 2021 di Jalan Ayahanda, Medan. Lalu dilanjutkan ke kabupaten / kota yang lainnya,” sebut Dr R Kintoko Rochadi.

Sebagai penutup rangkaian dari kegiatan ini, Ketua DPW AMPI Sumut Dr David Luther Lubis, Wakil Bupati Deliserdang HM Yusuf Siregar, serta sejumlah kader AMPI lainnya, membubuhkan tanda tangan dan menuliskan pesan singkat di kain putih yang telah disediakan panitia. (bdh)

EPAPER