Buka Pintek Kesehatan Hewan, Darma Wijaya: Saya Juga Peternak

oleh -157 views

POSMETROMEDAN.com-Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya membuka pelatihan teknis (Pintek)  bidang kesehatan hewan bagi aparatur dan non aparatur di Aula Sultan Serdang kantor Bupati Sergai Sei Rampah, Senin (18/10/2021).

Pada kesempatan itu, Bupati Darma Wijaya mengatakan dalam pelatihan ini para peserta dapat mengikuti dengan serius sehingga ilmu yang didapat bisa di implementasikan agar bisa menjadi peternak yang mandiri dan sukses.

Bagi para peternak stok pangan masih banyak mulai dari rumput dan makanan tambahan seperti onggo, bungkil, solid dan lainya masih tersedia di Kabupaten Sergai ini, katanya.

BACA JUGA..  Bupati Nias Barat Serahkan Bantuan Kapal kepada Penerima Manfaat di Kecamatan Sirombu

Dihadapan para peserta pelatihan, Darma Wijaya mengakui bahwa dirinya juga adalah seorang peternak sapi yang sudah lama digulutinya sejak beberapa tahun yang silam.

“Saya juga peternak, jika peternak ingin berhasil maka hal penting harus dilakukan adalah merubah pola dalam beternak dengan pola yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal,” beber Darma Wijaya.

Darma Wijaya menyampaikan kepada para petugas inseminasi buatan (IB) agar lebih dapat maksimal dalam menjalankan pekerjaanya.

“Kepada petugas jangan sampai terlambat memberikan vaksin untuk indukan sapi yang akan dikawinkan karena jika terlambat akan berdampak tidak baik bagi induk sapi nantinya,” bilang Darma Wijaya.

BACA JUGA..  Jalan Cor Beton Menuju Air Terjun Silak-lak Sudah Retak

Menurut Darma Wijaya, hewan ternak yang dilepaskan akan berbeda dari hewan peternakan yang di kandang, karena sapi yang dilepas diluar lebih banyak aktivitasnya dibanding dengan yang di kandangkan.

“Sapi yang dikandang lebih menghabiskan waktunya untuk makan saja, sehingga bobot tubuhnya cepat bertambah,” sebutnya.

“Begitu juga kepada peserta pelatihan harus dibarengi dengan pemilihan bibit sapi yang unggul dan terbaik agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengembangan peternakan sapi kandang,” pungkasnya.

BACA JUGA..  PWRI Langkat di Lantik, Siap Bersinergi Bersama Pemerintah

Sementara perwakilan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Bogor Ir. Agus Triyanto, M.Si mengatakan bahwa seluruh petugas IB di Kabupaten Sergai telah tersertifikasi sehingga legalitasnya lebih aman dalam melaksanakan tugasnya.

“Kami merasa bangga dengan para peternak di Sergai ini yang mandiri dalam menjalankan peternakannya,” katanya.

Acara ini turut dihadiri oleh Kadis Pertanian Sergai Dedi Iskandar, Plt Kadis Ketapang drh Andreas Ginting, para peternak dan petugas IB.(sur)

 

EPAPER